Bom Era Perang Dunia II Dijinakkan di Prancis, 1.800 Dievakuasi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Agu 2018 10:26 WIB
Ilustrasi (AFP Photo/Joshua Lott)
Paris - Sebuah bom dari era Perang Dunia II ditemukan di wilayah Prancis bagian barat laut dan berusaha dijinakkan oleh tim penjinak bom. Sekitar 1.800 orang terpaksa mengungsi dari rumah masing-masing saat aktivitas penjinakan dilakukan.

Seperti dilansir AFP, Senin (13/8/2018), dituturkan otoritas setempat bahwa bom era Perang Dunia II seberat 220 kilogram itu ditemukan pada akhir Juni lalu, saat sedang digelar sebuah proyek konstruksi di dekat wilayah Rouen di Normandy. Bom PD II itu diketahui dijatuhkan oleh militer Inggris.

Aktivitas penjinakan bom baru dilakukan pada Minggu (12/8) waktu setempat.


Setiap warga yang tinggal di area dengan radius 270 meter dari lokasi temuan bom era PD II itu diperintahkan untuk mengungsi ke tempat aman, sebelum penjinakan dilakukan.

Temuan bom dan mortir bekas PD II cukup sering terjadi di Prancis dan bagian lainnya Benua Eropa.

Bulan lalu, Angkatan Laut Prancis harus menjinakkan sebuah mortir yang belum meledak yang ditemukan di dasar lautan dekat pantai terkenal di Cannes, Laut Mediterania.


Kemudian pada Mei lalu, nyaris 9 ribu harus dievakuasi setelah bom bekas perang ditemukan di Dresden, Jerman. Pada era perang, Dresden menjadi kota yang paling sering dibombardir bom.

(nvc/bag)