Taman Bermain di Prancis Latih Gagak untuk Ambil Sampah

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 13 Agu 2018 03:20 WIB
Burung gagak (Foto: Gilles Martin/Getty Images)
Paris - Burung gagak termasuk dalam kategori unggas yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Sebanyak enam gagak dilatih untuk memungut sampah di sebuah taman bermain di Prancis.

Dilansir dari AFP, Senin (13/8/2018), keenam gagak ini dilatih secara khusus untuk mengambil puntung rokok hingga memungut sampah. Mereka akan 'diperkerjakan' mulai pekan depan.

Direktur taman bermain Puy du Fou, Nicolas de Villiers menjelaskan tujuan keenam gagak tersebut dilatih bukan hanya untuk membersihkan taman bermain. Tujuan lainnya untuk mengedukasi kepada warga supaya menjaga kebersihan.

"Tujuannya bukan hanya untuk membersihkan, karena para pengunjung umumnya berhati-hati untuk menjaga kebersihannya" jelas Villiers kepada AFP.

"Alam itu sendiri dapat mengajarkan kita untuk menjaga lingkungan", imbuhnya.

Menurut Villiers, gagak merupakan burung sangat memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Mereka juga dinilai dapat berkomunikasi dengan manusia.

Gagak-gagak ini akan didorong untuk merapikan taman melalui penggunaan kotak kecil berisi makanan setiap mengambil puntung rokok dan potongan kecil sampah. (dkp/dkp)