detikNews
Kamis 09 Agustus 2018, 13:19 WIB

Menderita Kanker Payudara, Ibu Negara Suriah Dirawat di RS

Novi Christiastuti - detikNews
Menderita Kanker Payudara, Ibu Negara Suriah Dirawat di RS Asma al-Assad dan suaminya, Bashar al-Assad, saat menjalani perawatan medis (SANA/Handout via REUTERS)
Damaskus - Asma al-Assad, istri Presiden Suriah Bashar al-Assad, didiagnosis menderita kanker payudara. Ibu negara Suriah ini dilaporkan telah mulai menjalani perawatan medis untuk kanker payudara.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Kamis (9/8/2018), kondisi terbaru Asma ini diumumkan oleh kantor Kepresidenan Suriah via akun Twitter resminya.

"Dengan kekuatan, kepercayaan dan keyakinan... Nyonya Asma al-Assad memulai perawatan tahap awal untuk tumor payudara berbahaya yang ditemukan lebih awal," demikian pernyataan yang dirilis kantor Kepresidenan Suriah juga oleh kantor berita SANA.


Kicauan itu disertai sebuah foto yang menunjukkan Asma yang memakai selang infus di tangannya sedang duduk di sebelah suaminya, Presiden Assad. Keduanya tampak mengenakan pakaian kasual dalam foto tersebut. Foto itu diduga diambil di kamar rumah sakit tempat Asma dirawat. Dilaporkan dia menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit militer di Damaskus.

"Dari hati, kantor kepresidenan dan para staf mendoakan kesembuhan segera Nyonya Asma," demikian bunyi keterangan pada foto itu.

Asma yang mantan bankir investasi ini lahir dan besar di London, Inggris. Tahun 2000, Asma menikah dengan Assad.


Di tengah konflik Suriah yang menyudutkan suaminya, Asma juga ikut disorot. Dia menerima pujian dan kritikan karena terus mendampingi Assad.

Tahun 2016, Asma menuturkan kepada Russia Today bahwa dirinya menolak jaminan perlindungan dan keamanan finansial sebagai imbalan jika dia bersedia meninggalkan Suriah.

Wanita berusia 42 tahun ini juga kerap disorot karena aktivitasnya di media sosial. Postingan Instagram-nya menunjukkan foto-foto dirinya bersama anak-anak kecil, duduk di sebelah korban luka dan mengunjungi berbagai lokasi di Suriah dengan wanita-wanita lokal. Majalah Vogue edisi musim semi tahun 2011 menyebut sosok Asma sebagai sosok sangat kontroversial. Vogue menyebut Asma sebagai 'mawar di tengah gurun'.


(nvc/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com