UGD Rumah Sakit Terendam Saat Banjir Dahsyat Landa India

Rina Atriana - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 02:18 WIB
Suasana di UGD rumah sakit India yang kebanjiran (Foto: Dok. PTI via Gulf News India)
New Delhi - Sebuah banjir dahsyat terjadi Patna, Bihar, India. Banjir tersebut menyebabkan ruang Unit Gawat Darurat (UGD) salah satu rumah sakit terendam air.

Dikutip dari Reuters, Selasa (31/7/2018), UGD rumah sakit tersebut terendam pada Senin (30/7). Selain rumah sakit, sejumlah rumah juga ikut terendam karena hujan yang memang terjadi setiap tahun.


Sebuah video di televisi menunjukkan para dokter 'mengarungi' air setinggi lutut untuk menemui pasien yang terbaring di tempat tidur rumah sakit milik pemerintah Nalanda Medical College and Hospital (NMCH). Sejumlah pasien telah dipindahkan sementara staf rumah sakit memompa air keluar.

Lebih dari 1.500 orang meninggal tahun ini di seluruh penjuru India akibat badai, banjir, dan longsor. Aksi tanggap pemerintah India cenderung kepada perbaikan dengan peringatan awal yang sangat rendah.


Diperkirakan hujan masih akan mengguyur kawasan dan tetangganya, Uttar Pradesh. Sekitar 80 orang meninggal di dua kawasan ini dalam empat hari terakhir. Mereka meninggal terutama karena tenggelam atau tertimpa dinding yang runtuh.

Otoritas setempat menyebut sekitar 10.000 orang yang tinggal di dekat tepi sungai Yamuna dan di sekitar Delhi telah dipindahkan ke tenda-tenda di daratan yang lebih tinggi. Air telah melalui 'tanda bahaya' di sungai tersebut. (rna/jbr)