Trump Tunda Rencana Pertemuannya dengan Putin Tahun Ini

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Kamis, 26 Jul 2018 06:57 WIB
Foto: AFP
Jakarta - Pihak Gedung Putih memastikan bahwa pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin tak jadi digelar pada tahun ini. Penasihat keamanan nasional Trump, John Bolton menuturkan, pertemuan tersebut akan dilakukan usai penyelidikan dugaan kolusi tim kampanye Trump dengan Rusia di Pilpres 2016 atau dikenal dengan sebutan 'perburuan penyihir' berakhir.

"Presiden percaya bahwa pertemuan bilateral berikutnya dengan Presiden Putin harus dilakukan setelah 'perburuan penyihir' Rusia berakhir. Jadi kami sepakat bahwa itu akan dilakukan setelah tahun pertama," kata Bolton dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari CNN, Kamis (26/7/2018).
Tak hanya itu, Bolton mengungkapkan, cukup mengagetkan saat juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders memposting bahwa saat itu tengah berlangsung pertemuan antara dua staf dewan keamanan. Namun, pihak Moskow mengaku belum menerima pemberitahuan terkait pembatalan pertemuan antara Trump dan Putin di hari sebelum jadwalkannya pertemuan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Trump telah meminta penasihat keamanan nasionalnya, John Bolton, untuk mengundang Presiden Putin akhir tahun 2018.

"Presiden Trump meminta @Ambjohnbolton untuk mengundang Presiden Putin ke Washington di musim gugur dan pembicaraannya sudah berlangsung," kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders di akun Twitter pribadinya.


Tonton juga video: 'Trump Kini Akui Intervensi Rusia di Pilpres 2016'

[Gambas:Video 20detik]

(yas/gbr)