DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 13:57 WIB

Diselidiki Atas Kasus Suap, Anggota Parlemen Korsel Bunuh Diri

Novi Christiastuti - detikNews
Diselidiki Atas Kasus Suap, Anggota Parlemen Korsel Bunuh Diri Roh Hoe-Chan (Yonhap via The Korea Herald)
Seoul - Seorang anggota parlemen terkenal di Korea Selatan (Korsel) ditemukan tewas bunuh diri. Aksi ini dilakukan si anggota parlemen saat dirinya tengah diselidiki atas skandal suap.

Seperti dilansir AFP, Senin (23/7/2018), Roh Hoe-Chan yang sudah tiga periode menjadi anggota parlemen untuk Partai Keadilan Korsel ini, sedang diselidiki atas dugaan menerima suap sebesar 50 juta Won (Rp 643 juta).

Suap tersebut diduga diterima dari seorang blogger politik berpengaruh yang memiliki keterkaitan dengan banyak politikus top Korsel. Blogger tersebut secara luas dikenal dengan nama panggilan 'Druking'. Saat ini, Druking sedang diadili otoritas Korsel atas dakwaan menggunakan program peretasan ilegal untuk mempengaruhi opini publik pada Naver, portal online terbesar di Korsel.


Dalam kasusnya, Druking dituduh meningkatkan jumlah respons positif -- mirip dengan fungsi 'Like' pada Facebook -- secara rekayasa pada puluhan ribu komentar online pada Naver yang menyerang atau mendukung politikus atau partai politik tertentu demi mendapatkan dukungan.

Dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, Roh meninggalkan pesan terakhir di dalam apartemennya di ibu kota Seoul. Dalam pesan itu, Roh mengakui telah menerima uang dari blogger politik, namun menyangkal dirinya menawarkan imbalan apapun kepadanya. Dituliskan Roh dalam pesan terakhir itu bahwa dirinya telah memperkirakan segera dipanggil oleh jaksa Korsel untuk diinterogasi.

Kepolisian Korsel menyatakan Roh ditemukan tewas di gerbang masuk apartemen yang ditinggalinya. Diduga dia bunuh diri dengan melompat dari ketinggian.


Sebelum menjadi anggota parlemen tahun 2004, Roh dikenal sebagai aktivis hak-hak para buruh. Kantor kepresidenan Korsel, Blue House atau Cheong Wa Dae, menyampaikan belasungkawa atas kematian Roh dengan menyebutnya sebagai 'peristiwa yang memilukan'.

"Saya menyampaikan belasungkawa mendalam dari hati saya atas kematiannya. Saya secara pribadi mengaguminya sebagai seorang politikus," ucap Huh Ik-Bum, jaksa senior yang memimpin skandal suap yang menyeret Roh.

Korsel menjadi salah satu negara dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia. Berbagai aksi bunuh diri tokoh publik, mulai dari politikus hingga pengusaha, yang terlibat skandal memalukan seringkali menjadi pemberitaan utama di Negeri Ginseng itu.

Salah satunya yang mengejutkan publik adalah aksi bunuh diri mantan Presiden Korsel Roh Moo-Hyun yang menjabat tahun 2003-2008, yang melompat dari tebing tahun 2009 lalu saat diselidiki atas skandal korupsi.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed