DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 04:01 WIB

Warga Rusia Disebut Jadi Pelaku Serangan Racun Saraf Novichok

Andhika Prasetia - detikNews
Warga Rusia Disebut Jadi Pelaku Serangan Racun Saraf Novichok Olah TKP peristiwa gas racun Novichok di Inggris (Foto: AFP Photo/Ben STANSALL)
London - Polisi Inggris mengidentifikasi pelaku serangan agen saran Novichok kepada mantan agen rahasia Rusia Sergei Skripal dan putrinya. Pelaku pembunuh Skripal disebut-sebut adalah warga Rusia.

"Penyidik yakin mereka telah mengidentifikasi para tersangka pelaku serangan Novichok melalui CCTV dan telah memeriksa silang ini dengan catatan orang-orang yang memasuki negara sekitar waktu itu," kata seorang sumber kepada agensi Inggris seperti dilansir AFP, Jumat (20/7/2018).

"Mereka (penyidik) yakin mereka (tersangka) adalah orang Rusia," tambahnya.


Sementara itu, Departemen Pemerintah dan Kepolisian masih menolak memberikan komentarnya kepada AFP. Namun Menteri Keamanan Inggris Ben Walace seperti memberikan indikasi tersebut.

"Saya pikir cerita ini termasuk dalam 'folder spekulasi liar dan informasi buruk'," tulisnya dalam akun Twitter-nya.

Tonton juga 'Senjata Soviet Memakan Korban, Inggris-Rusia Tegang':

[Gambas:Video 20detik]


Kedutaan Rusia di London sudah menyita pesan dari menteri dan mendesak Inggris melakukan penyelidikan dengan transparan. Kasus ini sempat menyita perhatian di mana Skripal dan putrinya terkena agen saraf Novichok di Salisbury, Inggris Barat Daya.

"Pada bulan Maret, kepemimpinan politik Inggris bergegas untuk mengajukan tuduhan yang tidak dibuktikan terhadap Rusia, bukannya menunggu hasil penyelidikan," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Warga Rusia Disebut Jadi Pelaku Serangan Racun Saraf Novichok

(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed