DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 21:01 WIB

Harta Karun di Bangkai Kapal Perang Rusia

Rivki - detikNews
Harta Karun di Bangkai Kapal Perang Rusia Pencarian harta karun di bangkai kapal Rusia (Foto: Shinil Group via Fox News)
Moskow - Bangkai kapal perang Rusia ditemukan di dasar lautan dekat pulau Ulleungdo, Korea Selatan (Korsel). Diduga, di dalam kapal itu terdapat emas batangan dan koin dengan nilai yang fantastis.

Dilaporkan The Telegraph, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (19/7/2018), kapal perang Rusia bernama Dmitrii Donskoi. Diduga kapal itu membawa emas senilai US$ 113 miliar atau setara Rp 1.604 triliun.



Kapal itu tenggelam dalam pertempuran laut sekitar 113 tahun lalu. Saat tenggelam, kapal perang itu disebut membawa sejumlah besar emas dalam bentuk batangan dan koin.

Bangkai kapal Dimitrii Donskoi ditemukan tim penyelamat Korsel pada Minggu (15/7) waktu setempat. Perusahaan Korsel, Shinil Group, yang ada di balik temuan itu menyebut bangkai kapal perang Rusia itu ditemukan di perairan dekat pulau Ulluengdo, yang ada di bagian timur wilayah Korsel.



Kapal perang Rusia, Dmitrii Donskoi, dirancang sebagai kapal niaga penjelajah dan dilibatkan dalam perang Rusia-Jepang tahun 1904 silam. Sebelum karam, kapal perang ini lebih banyak berlayar di perairan Mediterania dan Timur Jauh.

Namun, sejumlah pakar meragukan dugaan kapal itu membawa sejumlah besar emas. Para pakar mempertanyakan mengapa sebuah kapal perang membawa muatan barang berharga dalam jumlah besar.
(rvk/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed