DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 05:24 WIB

Korut akan Serahkan Jasad Tentara AS Korban Perang Korea

Jabbar Ramdhani - detikNews
Korut akan Serahkan Jasad Tentara AS Korban Perang Korea Menlu AS Mike Pompeo (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (kanan) (Foto: REUTERS/Leah Millis)
Washington - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan Korea Utara akan menyerahkan jasad tentara AS yang tewas dalam perang Korea pada periode 1950-1953. Dia mengatakan penyerahan akan dilakukan beberapa minggu ke depan.

Dilansir Reuters, Kamis (19/7/2018), Pompeo menyampaikan hal ini dalam sebuah pertemuan kabinet yang dipimpin Presiden AS Donald Trump. Dia mengatakan hubungan AS-Korut memiliki kemajuan namun tetap masih ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Pompeo sendiri sudah mengunjungi Pyongyang untuk ketiga kalinya.



Tonton juga video: 'Bertemu Sekutu, Menlu AS Tindak Lanjuti Denuklirisasi Korut'

[Gambas:Video 20detik]


Pemulangan jenazah tentara yang tewas dalam Perang Korea adalah salah satu kesepakatan Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un yang digelar di Singapura pada Kamis (12/7) lalu.

"Kami membuat kemajuan di sepanjang perbatasan untuk mendapatkan kembalinya jasad - masalah yang sangat penting bagi keluarga-keluarga itu," kata Pompeo.

"Kami pikir dalam beberapa minggu ke depan kami akan mendapatkan jasad-jasad pertama yang diserahkan. Itu adalah komitmen," sambungnya.


Pertemuan para pejabat AS dan Korut ini dilakukan di perbatasan antar-Korea pada Minggu lalu. Ini adalah pertama kali dalam sembilan tahun para jenderal AS dan Korut mengadakan pembicaraan.

Pompeo juga mengatakan pada Rabu (17/7), Korut kembali menegaskan komitmen untuk denuklirisasi.


Korut akan Serahkan Jasad Tentara AS Korban Perang Korea

(jbr/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed