DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 18:17 WIB

45 Orang Laporkan Harun Yahya Atas Kejahatan Seks, Termasuk 17 Anak

Novi Christiastuti - detikNews
45 Orang Laporkan Harun Yahya Atas Kejahatan Seks, Termasuk 17 Anak Adnan Oktar alias Harun Yahya saat ditangkap polisi Turki pada 11 Juli (Anadolu Agency)
FOKUS BERITA: Harun Yahya Ditangkap
Ankara - Puluhan orang melaporkan penulis terkenal asal Turki, Adnan Oktar alias Harun Yahya atas tuduhan kejahatan seksual. Oktar hingga saat ini masih ditahan oleh Kepolisian Turki.

Seperti dilaporkan media lokal Turki, Hurriyet Daily News, Rabu (18/7/2018), total ada 45 orang yang telah melapor ke polisi dalam beberapa hari terakhir. Mereka yang melapor ke polisi, mengaku telah dicabuli dan diperkosa Oktar dan kelompoknya.

Dari jumlah itu, sekitar 17 orang di antaranya masih anak-anak. Sedangkan 15 orang lainnya mengaku dicabuli ketika masih berusia 11-17 tahun.


Tonton juga video: 'Harun Yahya dan Kontroversi Perempuan 'kittens'

[Gambas:Video 20detik]


Laporan terhadap Oktar juga disebut datang dari luar negeri. Disebutkan Hurriyet setidaknya ada enam negara. Laporan-laporan di luar negeri itu diterima oleh pihak Kedutaan Turki di masing-masing negara.

Salah satu anak disebut menjadi korban pencabulan setelah dibawa bergabung dengan kelompok Oktar oleh ibundanya. Anak itu berusia 11 tahun saat pencabulan terjadi. Otoritas setempat telah memulai langkah hukum terhadap ibunda bocah itu. Identitas sang ibunda tidak diungkap ke publik.

Para pengikut Oktar disebut bersedia sepenuhnya untuk menjadi anggota kelompoknya yang oleh sejumlah media disebut mirip kultus atau sekte. Jika ada anggota yang ingin keluar, mereka akan 'dipaksa' kembali. Contohnya, sejumlah wanita dipaksa mencukur habis alis atau rambutnya dan dipukuli. Kebanyakan pengikut Oktar merupakan wanita, yang memiliki panggilan 'kittens'.


Penyelidikan yang dilakukan kepolisian mengungkapkan mengapa para wanita yang menjadi pengikut Oktar atau para 'kittens' memiliki wajah dan penampilan mirip. Diduga bahwa Oktar sengaja memiliki wanita-wanita yang memiliki tulang pipi tinggi, pinggang ramping dan bibir tebal. Diketahui juga bahwa Oktar membuat setiap wanita yang bergabung kelompoknya untuk melakukan operasi plastik.

Oktar sendiri telah ditahan polisi sejak 11 Juli lalu. Dia telah sejak lama dicari oleh Departemen Pemberantasan Kejahatan Finansial Kepolisian Istanbul.

Sekitar 190 orang lainnya yang disebut sebagai pengikut Oktar juga ikut ditahan dalam sejumlah penggerebekan di berbagai lokasi terpisah. Salah satunya adalah Tarkan Yavas yang disebut sebagai 'tangan kanan' Oktar. Sekitar 45 orang lainnya, yang nama-namanya masuk surat perintah penahanan, masih diburu oleh polisi.


Oktar dan para pengikutnya dijerat banyak dakwaan pidana oleh otoritas Turki, mulai dari membentuk geng kriminal, melakukan penipuan, pengemplangan pajak hingga penganiayaan seksual. Sejak ditahan, Oktar belum memberikan keterangan lengkap. Para korban Oktar mulai bermunculan sejak dia ditangkap.


45 Orang Laporkan Harun Yahya Atas Kejahatan Seks, Termasuk 17 Anak

(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Harun Yahya Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed