DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 11:09 WIB

Didakwa Jadi Agen Rusia, Mariia Butina Terancam 10 Tahun Bui

Novi Christiastuti - detikNews
Didakwa Jadi Agen Rusia, Mariia Butina Terancam 10 Tahun Bui Mariia Butina (paling kanan) (Press Service of Civic Chamber of the Russian Federation/Handout via REUTERS)
Washington DC - Dewan juri Amerika Serikat menambahkan satu dakwaan serius terhadap Mariia Butina, wanita Rusia yang ditangkap atas konspirasi mempengaruhi politik AS. Butina dijerat dakwaan menjadi agen pemerintah Rusia dan terancam hukuman 10 tahun penjara.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (18/7/2018), Butina sebelumnya dijerat dakwaan berkonspirasi untuk mengambil tindakan atas nama pemerintah Rusia. Ancaman hukuman untuk dakwaan itu adalah maksimum 5 tahun penjara.

Pada Selasa (17/7) kemarin, dewan juri AS menambahkan satu dakwaan yang lebih serius terhadap Butina. Dia didakwa bertindak sebagai agen pemerintah atau mata-mata Rusia. Dakwaan ini memiliki ancaman hukuman maksimum 10 tahun penjara.


Butina ditangkap otoritas AS pada Minggu (15/7) lalu. Dia akan kembali disidang pada Rabu (18/7) waktu setempat di pengadilan federal Washington.

Pengacara Butina, Robert Driscoll, menegaskan kliennya bukan agen Rusia. Sejauh ini, Butina belum didakwa sebagai anggota dinas intelijen Rusia.

Diketahui bahwa Butina merupakan salah satu mahasiswa di American University di Washington. Dia juga diketahui sebagai pendiri kelompok pro-senjata asal Rusia 'Right to Bear Arms'.

Tonton juga 'Diplomat Rusia Diusir Berjemaah di Berbagai Negara':

[Gambas:Video 20detik]


Dalam dokumen dakwaannya, Butina didakwa beroperasi atas arahan seorang pejabat tinggi Rusia yang mendapat sanksi ekonomi AS. Pejabat tinggi Rusia itu disebut bekerja pada Bank Sentral Rusia. Nama pejabat itu tidak disebut dalam dakwaan, namun laporan sejumlah media menyebutnya sebagai Wakil Direktur Bank Sentral Rusia, Alexander Torshin.

Dalam dakwaan, Departemen Kehakiman AS juga menyatakan Butina bekerja dengan dua warga AS yang tidak disebut namanya dan seorang pejabat Rusia untuk berusaha mempengaruhi politik AS dan menyusup ke dalam organisasi pro-senjata api. Laporan-laporan menyebut organisasi itu adalah Asosiasi Senjata Nasional (NRA) yang merupakan sekutu kuat Partai Republik.

Didakwa Jadi Agen Rusia, Mariia Butina Terancam 10 Tahun Bui

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed