DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 18:38 WIB

Piala Dunia 2018

Stasiun Prancis Ganti Nama Jadi Deschamps hingga Les Bleus

Niken Purnamasari, Novi Christiastuti - detikNews
Stasiun Prancis Ganti Nama Jadi Deschamps hingga Les Bleus Foto: dok. BBC
Paris - Prancis larut dalam euforia kemenangan Piala Dunia 2018. Sampai-sampai sejumlah stasiun di sana berganti nama, mulai dari nama pelatih hingga pemain yang ikut dalam ajang empat tahunan itu.

Dilansir BBC, Senin (16/7/2018), seperti nama stasiun di Notre-Dame des Champs yang berubah menjadi nama pelatih timnas Prancis, Notre Didier Deschamps.



Sementara stasiun Victor Hugo diubah menjadi Victor Hugo Lloris. Begitupun dengan stasiun Bercy dinamakan Bercy Les Bleus.

Stasiun metro di PrancisStasiun metro di Prancis Foto: dok. BBC



Dituturkan operator transportasi Paris, RATP, dalam pernyataannya bahwa perubahan nama ini hanya berlaku sementara. RATP menyebut perubahan nama ini sebagai 'kerlingan mata' untuk timnas Prancis.

Timnas Prancis dijadwalkan akan tiba di Bandara Roissy pada Senin (16/7) sore waktu setempat. Dari bandara, mereka akan diarak dan menyapa warga Prancis di sepanjang area Champs Elysees. Di bagian ujung kawasan itu, stasiun metro Charles de Gauelle - Etoile juga diganti namanya menjadi 'On a 2 Etoiles' yang berarti 'Kita punya dua bintang' merujuk pada dua kemenangan dalam Piala Dunia yang telah didapat Prancis.

Selain stasiun, museum ternama di dunia, Museum Louvre juga memberi selamat atas kemenangan tim Prancis. Mereka menampilkan tweet lukisan Mona Lisa yang memakai jersey timnas.


Selebrasi serupa juga pernah terjadi di Belgia. Stasiun metro di Brussel berganti nama dari Arts-Loi menjadi Hazarts-Loi sebagai apresiasi terhadap pemain Eden Hazard. Belgia berhasil memenangi tempat ketiga di Piala Dunia tahun ini.
(nkn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed