DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 16:28 WIB

Tentang Hogweed, Tanaman Monster yang Bikin Luka Bakar hingga Buta

Niken Purnamasari - detikNews
Tentang Hogweed, Tanaman Monster yang Bikin Luka Bakar hingga Buta Foto: dok. Minnesota Department of Agriculture
Jakarta - Giant Hogweed menjadi tanaman 'monster' yang mengancam lingkungan sekitar dan manusia. Jika terkena getah dari tanaman ini, kulit manusia bisa melepuh seperti luka bakar bahkan berujung kebutaan permanen.

Umumnya tanaman ini terdapat di Amerika Serikat dan Inggris. Sudah ada sejumlah kasus orang yang terkena Hogweed mengalami luka bakar cukup parah. Kulit mereka mengelupas seperti terbakar.


Saksikan juga video 'Seramnya Penampakan Tornado di Amerika Serikat':

[Gambas:Video 20detik]



Seperti yang terjadi baru-baru ini. Alex Childress, remaja asal Spotsylvania, Amerika Serikat mendadak kena luka bakar yang cukup besar.Semula saat Alex tengah membersihkan tanaman di dekat Spotsylvania. Tak lama, Alex merasakan wajahnya seperti terbakar. Dia mengira itu terjadi karena sengatan matahari. Ternyata itu karena hogweed.

Giant Hogweed atau yang memiliki nama ilmiah Heracleum mantegazzianum ini dianggap sebagai gulma berbahaya di AS. Hogweed bisa tumbuh hingga 14 meter.

Hogweed merupakan tanaman asli dari daerah Kaukasus Asia seperti Armenia, Azerbaijan, Georgia dan sebagian dari Rusia. Awalnya tanaman ini diperkenalkan ke AS sebagai tanaman hias yang lolos budidaya.

Tanaman ini tergolong invasif yang membahayakan tanaman asli lain di sekitarnya. Hogweed juga sama bahayanya bagi manusia.

Apabila terkena getah dan terpapar sinar matahari dapat menghasilkan lepuh yang membakar dan meninggalkan bekas. Getah yang bersentuhan dengan mata dapat menyebabkan kebutaan sementara atau permanen.

Tentang Hogweed, Tanaman Monster yang Bikin Luka Bakar hingga Buta

(nkn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed