DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 12:10 WIB

Jaguar di AS Lepas dari Kandang, Bantai 7 Hewan Lain

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jaguar di AS Lepas dari Kandang, Bantai 7 Hewan Lain Foto: Valerio si jaguar yang lepas dari kandang (via News.com)
New Orleans - Seekor jaguar kabur dari kandang di Kebun Binatang Audobon, New Orleans, Amerika Serikat (AS) dan membantai tujuh hewan lainnya. Peristiwa menegangkan itu hanya berlangsung selama satu jam.

Dilansir News.com, Senin (16/7/2018), jaguar itu bernama Valerio. Dia akhirnya dilumpuhkan dengan bius setelah menewaskan empat ekor alpaca, seekor burung emu, dan dua rubah, serta melukai tiga hewan lainnya.


Meski mengamuk dan membantai hewan lain, dokter hewan kebun binatang Audobon, Frank Burks memastikan Valerio tidak akan disuntik mati.

"Tidak akan terjadi apa-apa pada jaguar itu sendiri. Malangnya, dia hanya melakukan apa yang biasa jaguar lakukan," kata Burks.

Pihak pejabat terkait mengatakan staf kebun binatang mengetahui Valerio berkeliaran bebas di Kebun Binatang Audobon, New Orleans, sekitar pukul 07.20 waktu setempat kemarin. Akhirnya dokter hewan berhasil menyiapkan obat penenang dan menenangkannya.


Jaguar di Kebun Binatang Audobon dipelihara di dalam gelas kaca untuk pameran 'Jaguar Jungle'. Di dalam area yang sama juga ada alpaca, pemakan semut raksasa, monyet laba-laba, katak tropis, monyet, dan tarantula.

Pihak Kebun Binatang dalam pernyataan resminya menyatakan, "Staf kami berkabung karena kehilangan hewan-hewan kami. Investigasi sedang dilakukan dan kami segera merilis informasi ketika sudah tersedia. Temuan awal menunjukkan kelalaian staf bukan faktor dari insiden ini," katanya.

Pihak kebun binatang merinci hewan Alpaca yang tak bertahan hidup bernama Noel, Micia, Alexandria, dan Lil Melody. Juga rubah bernama Maggie Mae dan burung emu yang bernama Elmo.
Jaguar di AS Lepas dari Kandang, Bantai 7 Hewan LainFoto: Usai Valerio si jaguar lepas dari kandang, Kebun Binatang Audobon tutup sampai 14 Juli (via News.com)


Sementara tiga hewan lain yang terluka dan masih mendapatkan perawatan intensif yakni Alpaca bernama Daisy, dan dua rubah bernama Copper dan Rusty. Kebun Binatang Audobon memastikan faktor penyebab lepasnya jaguar ini bakal diselidiki dan ditindaklanjuti.

"Tim segera merespons insiden tersebut. Dokter hewan telah menyiapkan obat penenang dan memposisikan diri untuk mendapatkan pantauan terbaik. Begitu ditembak, jaguar itu terbius beberapa menit kemudian," katanya.

"Kami masih menginvestigasi bagaimana peristiwa ini terjadi. Dari inspeksi awal diduga atap dari habitat jaguar membahayakan. Kami masih melakukan investigasi, dan tidak ada hewan lain yang ditempatkan di kandang tersebut hingga proses perbaikan dan penyelidikan selesai," tegasnya.

Berdasarkan catatan, Valerio bukan hewan pertama yang lepas dari kandang di Kebun Binatang Audobon. Kasus sebelumnya terjadi pada 2001, seekor anak sapi seberat 70 pon bernama Mulac berkeliaran selama 10 menit sebelum dia ditembak dengan obat bius. Tak ada hewan atau manusia yang terluka dalam peristiwa itu.


(ams/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed