DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 14:31 WIB

Saat Dunia 'Gotong Royong' Selamatkan Remaja dari Gua Thailand

Indah Mutiara Kami - detikNews
Saat Dunia Gotong Royong Selamatkan Remaja dari Gua Thailand Evakuasi remaja yang terjebak dalam gua di Thailand (Foto: Reuters)
Bangkok - Operasi penyelamatan 12 remaja dan 1 pelatih tim sepakbola yang terjebak dalam gua di Thailand adalah hal yang rumit dan berisiko tinggi. Bantuan dari dunia, berupa teknologi hingga dukungan moral, memudahkannya.

Otoritas Thailand dibantu penyelam dari berbagai negara berupaya untuk menyelamatkan remaja berusia 11-16 tahun ini. Vernon Unsworth, penyelam asal Inggris yang tinggal Thailand, adalah orang yang meyakinkan otoritas Thailand untuk mendatangkan para ahli dari Inggris.



Seperti dilansir The Telegraph, Selasa (10/7/2018), Unsworth kemudian menghubungi 2 penyelam asal Inggris yaitu John Volanthen dan Rick Stanton. Keduanya punya reputasi sebagai penyelam gua terbaik di dunia, namun sehari-harinya mereka adalah konsultan IT dan mantan pemadam kebakaran.

John Volanthen dan Richard William Stanton, penyelam Inggris yang selamatkan remaja dalam gua di Thailand / John Volanthen dan Richard William Stanton, penyelam Inggris yang selamatkan remaja dalam gua di Thailand / Foto: AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA


Volanthen dan Stanton adalah yang pertama kali menemukan para remaja yang terjebak di gua ini. Selain mereka, sejumlah penyelam asal Inggris juga jadi bagian penting dari operasi penyelamatan ini.


Total 8 Bocah Telah Selamat dari Gua Thailand, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Tak cuma dari Inggris, penyelam asal Denmark juga membantu penyelamatan para remaja Thailand ini. Penyelam bernama Ivan Karadzic ini sehari-hari memiliki perusahan selam di Thailand.

"Kami membayangkan segala kemungkinan terburuk yaitu alat rusak hingga anak-anak panik. Namun, itu semua tidak terjadi," kata Karadzic ke media Denmark, The Local.

Dokter anestesi asal Australia bantu penyelamatan remaja dari gua di Thailand / Dokter anestesi asal Australia bantu penyelamatan remaja dari gua di Thailand / Foto: Australia Plus ABC


Tak hanya penyelam, dokter ahli anestesi bernama Richard Harris terbang dari Adelaide, Australia ke Thailand. Harris punya pengalaman puluhan tahun untuk menelusuri gua di China hingga Selandia Baru.

CEO SpaceX, Elon Musk juga turun tangan demi membantu para remaja dan pelatih sepakbola ini. Setelah mendapat banyak masukan, Elon Musk kemudian membuat kapal selam dan mengabarkan perkembangan prosesnya lewat Twitter.

Elon Musk / Elon Musk / Foto: Reuters



Pada Selasa (10/7), Elon Musk mengabarkan bahwa kapal selam mini untuk menyelamatkan remaja itu sudah siap dan dia mengantarkannya langsung ke lokasi gua.



Tidak hanya tenaga, keahlian, dan teknologi; dukungan dunia juga datang dalam bentuk simpati. Tagar #ThaiCaveRescue dibanjiri doa, ucapan penyemangat, hingga ilustrasi tentang penyelamatan para remaja ini.







Hingga saat ini, 8 remaja sudah berhasil dikeluarkan dari gua dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Kisah penyelamatan bersejarah ini masih berlanjut.

Saat Dunia 'Gotong Royong' Selamatkan Remaja dari Gua Thailand

(imk/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed