DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 12:34 WIB

Lunasi Uang Jaminan, Najib Terharu Atas Aksi Galang Dana Untuknya

Novi Christiastuti - detikNews
Lunasi Uang Jaminan, Najib Terharu Atas Aksi Galang Dana Untuknya Najib Razak saat didakwa di pengadilan Kuala Lumpur pekan lalu (REUTERS/Lai Seng Sin)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak telah melunasi sisa uang jaminan sebesar 500 ribu Ringgit (Rp 1,7 miliar). Najib mendatangi Kompleks Pengadilan Kuala Lumpur pada Senin (9/7) ini untuk membayar sisa uang jaminannya.

Seperti dilansir Malay Mail dan The Star, Senin (9/7/2018), Najib terpantau tiba di kompleks pengadilan sekitar pukul 11.42 waktu setempat dan meninggalkan kompleks tersebut sekitar 10 menit kemudian. Najib hanya menghabiskan waktu beberapa menit di bagian registrasi pengadilan.

Najib yang hadir memakai jas warna abu-bau dengan kemeja warna putih, tampak ditemani oleh istrinya, Rosmah Mansor.


Saat tiba di kompleks pengadilan, Najib disambut oleh para pendukungnya. Najib juga menerima donasi yang diserahkan oleh gerakan 'Free Najib' atau 'Solidariti Bersama Datuk Najib' yang selama sepakan terakhir melakukan penggalangan dana untuknya.

Ketika berbicara kepada wartawan, Najib menyatakan dirinya sangat terharu dengan aksi penggalangan dana ini. "Kontribusi ini sangat berarti bagi saya dan saya memberikan rasa terima kasih tertinggi saya, karena ini datang dari hati-hati yang tulus," ucap Najib.

"Kontribusi ini bukan hal yang bisa Anda rencanakan, ini juga tidak bisa dilakukan sebagai perintah yang dipaksakan, ini datang dari kesediaan dan ketulusan mereka sendiri," imbuhnya.


Dituturkan oleh Najib bahwa dirinya didekati oleh banyak anggota dan pemimpin Partai United Malays National Organization (UMNO), yang juga menyatakan niat untuk membantu melunasi sisa uang jaminannya.

"Ini menunjukkan kasih sayang dari para anggota UMNO dan warga biasa untuk pemimpin mereka. Dengan restu mereka, saya mendoakan agar keluarga saya mampu mengatasi cobaan besar ini, insya Allah," ujarnya.

Najib telah keluar dari tahanan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) sejak Rabu (4/7) lalu, usai membayar separuh uang jaminan sebesar 500 ribu Ringgit. Sisanya sebesar 500 ribu Ringgit harus dibayarkan pada Senin (9/7) ini. Pekan lalu, hakim Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur menetapkan besaran uang jaminan Najib sebesar 1 juta Ringgit dan bisa dibayarkan secara tunai sebanyak dua kali.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed