DetikNews
Senin 02 Juli 2018, 11:33 WIB

Didiagnosis Cerebral Anemia, Kaisar Akihito Istirahat Total

Novi Christiastuti - detikNews
Didiagnosis Cerebral Anemia, Kaisar Akihito Istirahat Total Kaisar Akihito dan Istrinya, Michiko (Franck Robichon/Pool via Reuters/File Photo)
Tokyo - Kaisar Jepang Akihito membatalkan aktivitas-aktivitas publiknya setelah mengalami pusing dan mual akibat cerebral anemia. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan aliran darah ke otak.

Disampaikan Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang, seperti dilansir Reuters, Senin (2/7/2018), bahwa Kaisar Akihito yang kini berusia 84 tahun didiagnosis cerebral anemia setelah mengeluhkan mual dan pusing. Sang kaisar pun harus beristirahat total.

Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang yang menangani urusan kekaisaran, Kaisar Akihito akan terus dimonitor selama beristirahat di Imperial Palace di Tokyo. Tidak disebutkan berapa lama Kaisar Akihito akan beristirahat.


Beberapa waktu lalu, diumumkan bahwa Kaisar Akihito yang sudah bertakhta selama tiga dekade di Jepang, akan turun takhta pada 30 April 2019 mendatang. Ini akan menjadi yang pertama kali bagi seorang kaisar Jepang turun takhta dalam kurun waktu dua abad terakhir.

Kaisar Akihito yang pernah menjalani operasi jantung dan dirawat untuk kanker prostat ini, sempat menuturkan pada tahun 2016 bahwa dia khawatir usianya akan mempersulit dirinya menjalankan tugas-tugasnya.

Takhta Kaisar Jepang yang sebelumnya dianggap abadi, kini ditentukan oleh Konstitusi sebagai 'simbol negara dan persatuan rakyat' tanpa adanya kekuatan politik.


Dilaporkan kantor berita Kyodo, istri Kaisar Akihito, Michiko, masih akan bertemu Putri Ayako, putri mendiang sepupu Akihito Pangeran Takamodo, yang telah mengumumkan pertunangannya dengan seorang warga biasa berusia 32 tahun.

Kaisar Akihito dan Michiko telah menghabiskan banyak waktu untuk menangani sisa-sisa Perang Dunia II di Jepang, yang dipimpin mendiang ayahnya Hirohito. Selama ini, Kaisar Akihito banyak menemui korban perang dan menjadi sosok yang sangat dihormati oleh kebanyakan warga Jepang.

Ahli waris takhta Kekaisaran Jepang selanjutnya adalah Putra Mahkota Naruhito yang berusia 58 tahun, anak laki-laki Akihito.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed