DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 19:02 WIB

12 Anak Terjebak 48 Jam di dalam Gua Thailand yang Dibanjiri Air

Novi Christiastuti - detikNews
12 Anak Terjebak 48 Jam di dalam Gua Thailand yang Dibanjiri Air Upaya penyelamatan 12 anak yang terjebak di dalam gua Thailand masih berlangsung (REUTERS/Stringer)
Bangkok - Tragis! Sedikitnya 12 anak-anak di Thailand terjebak di dalam gua yang dibanjiri air selama dua hari terakhir atau 48 jam. Upaya penyelamatan telah diluncurkan sejak akhir pekan dan belum membuahkan hasil hingga kini.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/6/2018), upaya penyelamatan dramatis yang melibatkan aksi penyelaman di dalam gua masih berlanjut hingga Senin (25/6) ini. Para penyelam dilaporkan telah mencapai bilik gua yang besar dan semakin mendekati posisi 12 anak itu.

Dituturkan Wakil Gubernur Provinsi Chiang Rai, Pasakorn Boonyalug, bahwa 12 anak-anak yang semuanya laki-laki itu terjebak di dalam salah satu bilik gua bersama pelatihnya sejak Sabtu (23/6) lalu. Mereka merupakan anggota klub sepak bola setempat.

"Kami pikir mereka ada di bagian gua yang ini, yang terus membentang hingga 3 kilometer lagi," sebut Boonyalug. "Mereka belum makan apapun sejak Sabtu (23/6), jadi kami membawa makanan dan minuman untuk mereka," imbuhnya.


Anak-anak yang terjebak itu berusia antara 11-16 tahun. Mereka memasuki gua Tham Luang yang ada di kawasan taman nasional dekat perbatasan Myanmar dan Laos itu bersama seorang pelatihnya.

Ibunda salah satu anak itu merasa curiga setelah putranya tidak pulang ke rumah usai latihan sepak bola pada akhir pekan.

Hujan deras yang mengguyur kawasan itu dalam beberapa hari terakhir, membuat gua itu dengan cepat digenangi air. Sejumlah sepeda dan sepatu milik anak-anak itu ditemukan di bagian mulut gua.

Operasi penyelamatan dimulai sejak Sabtu (23/6) malam waktu setempat, namun sempat ditangguhkan sementara saat ketinggian air di dalam gua naik secara drastis. Situasi memaksa pengerahan penyelam untuk menembus bagian gua yang dibanjiri air dan lumpur.


Ditambahkan Boonyalug bahwa perlengkapan menyelam juga disiapkan untuk mengevakuasi anak-anak yang terjebak.


(nvc/dha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed