DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 12:47 WIB

Prancis Tangkap 10 Orang Terkait Dugaan Menyerang Warga Muslim

Rita Uli Hutapea - detikNews
Prancis Tangkap 10 Orang Terkait Dugaan Menyerang Warga Muslim Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Paris - Kepolisian antiterorisme di Prancis telah menangkap 10 orang terkait dugaan rencana untuk menyerang warga muslim. Mereka berasal dari kelompok kanan-jauh.

Sumber-sumber kehakiman Prancis mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/6/2018), penangkapan itu dilakukan dalam operasi di sejumlah wilayah Prancis, termasuk Pulau Corsica di wilayah Mediterania.





"Para tersangka memiliki rencana yang tidak jelas untuk melakukan tindakan kekerasan yang menargetkan orang-orang dari keyakinan muslim," ujar sebuah sumber yang dekat dengan penyelidikan kasus ini.

Menurut sumber lainnya, para tersangka tersebut berupaya menyerang "target-target yang terkait dengan Islam radikal".





Disebutkan sumber-sumber, para tersangka diawasi oleh badan intelijen Prancis, DGSI, yang menyadap pesan-pesan mereka yang menunjukkan mereka berupaya membeli senjata-senjata. Kemudian dalam penggerebekan, otoritas Prancis menemukan sejumlah senjata.

Prancis telah mengalami serangkaian serangan militan sejak awal tahun 2015 lalu. Kebanyakan serangan itu dilakukan oleh orang-orang yang telah mengalami radikalisasi atau mengklaim bertindak atas nama kelompok radikal ISIS. Lebih dari 240 orang tewas dalam serangan-serangan itu, termasuk 130 orang yang tewas dalam serangkaian pengeboman dan penembakan, yang terjadi di kelab-kelab malam di Paris pada November 2015.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed