DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 00:44 WIB

Erdogan Memimpin di Penghitungan Suara Sementara Pemilu Turki

Jabbar Ramdhani - detikNews
Erdogan Memimpin di Penghitungan Suara Sementara Pemilu Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: REUTERS/Umit Bektas)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Jakarta - Recep Tayyip Erdogan memimpin perolehan suara di penghitungan sementara Pemilu Turki. Hal ini diumumkan setelah 24 persen suara dihitung.

Dilansir AFP, Senin (25/6/2018) Erdogan memperoleh suara sebesar 58,76 persen. Saingan terdekatnya yakni Muharrem Ince dari Partai Rakyat Republik sekuler (CHP) yang mendapatkan suara sebesar 26,87 persen.

Cek juga video Presiden Erdogan Unggul Sementara

[Gambas:Video 20detik]



Sementara di posisi selanjutnya ada Meral Aksener dari Partai Goodis nasionalis yang mendapatkan 7,69 persen suara dan Selahattin Demirtas dari Partai Demokrasi Rakyat (HDP) yang pro-Kurdi mendapatkan 5,56 persen suara.

Erdogan membutuhkan lebih dari 50 persen untuk bisa kembali menjadi Presiden Turki. Ada dua orang capres lagi yang ikut berkontestasi yakni Temel Karamollaoglu dan Dogu Perincek.


Pemilu Turki digelar Minggu (24/6) ini. Penghitungan suara saat ini masih berlangsung.

Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Jumlah itu termasuk 3,047 juta pemilih di luar negeri. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke 81 provinsi di Turki. Sedangkan total 3.160 kotak suara disediakan di sekitar 123 misi diplomatik Turki di sebanyak 51 negara.
(jbr/abw)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed