DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 18:19 WIB

Memilih di Istanbul, Erdogan: Demokrasi di Turki Berkembang

Indah Mutiara Kami - detikNews
Memilih di Istanbul, Erdogan: Demokrasi di Turki Berkembang Erdogan memilih di Pemilu Turki (Foto: REUTERS/Umit Bektas)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Istanbul - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memberikan hak pilihnya di Pemilu Turki. Dia memuji tingginya jumlah pemilih sejauh ini.

Erdogan memilih di SD Saffet Cebi, Uskudar, Istanbul, Minggu (24/6/2018). Seperti dilansir Anadolu Agency, Erdogan didampingi oleh ibu negara, Emine Erdogan.


[Gambas:Video 20detik]


Usai memilih, Erdogan memuji jumlah pemilih yang tinggi di Pemilu Turki. Dia menyebut 150 pemilih sudah memberikan hak suara di TPS-nya.

"Ini menunjukkan betapa berkembangnya demokrasi di Turki dan betapa berkembangnya kedewasaan demokrasinya," ucap Erdogan.

"Turki mengalami revolusi demokrasi melalui pemilu ini," sambungnya.



Dari foto-foto jepretan fotografer Reuters, Erdogan tampak ditemani oleh cucunya di TPS. Dia memakai jas biru dan dasi warna senada.

Tempat pemungutan suara dibuka dari pukul 08.00 pagi waktu Turki atau pukul 12.00 WIB dan akan ditutup pada 05.00 sore waktu Turki atau pukul 21.00 WIB. Ada sekitar 56 juta lebih pemilih yang teregistrasi yang akan memberikan suaranya di 180 ribu lebih bilik suara.



Ada 6 kandidat yang maju dalam Pemilu tersebut termasuk petahana Recep Tayyip Erdogan yang sudah berkuasa di Turki selama 15 tahun. Sedangkan, 5 nama lain yaitu Muharrem Ince (54), Meral Aksener (61), Selahattin Demirtas (45), Temel Karamollaoglu (77) dan Dogu Perincek (76).

Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Jumlah itu termasuk 3,047 juta pemilih di luar negeri. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke 81 provinsi di Turki. Sedangkan total 3.160 kotak suara disediakan di sekitar 123 misi diplomatik Turki di sebanyak 51 negara.
(imk/dhn)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed