DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 11:19 WIB

Jet Rusia Serang Pemberontak di Selatan Suriah

Dhani Irawan - detikNews
Jet Rusia Serang Pemberontak di Selatan Suriah Foto: Ilustrasi oleh Luthfy Syahban/detikcom
Amman - Rusia menyerang bagian selatan Suriah yang dikuasai pemberontak. Serangan udara Rusia ini pertama kalinya dilakukan sejak menjadi perantara gencatan senjata hampir setahun lalu.

Serangan itu dilancarkan pada Sabtu (23/6) kemarin, seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (24/6/2018). Bersamaan dengan serangan tersebut, pasukan dari rezim pemerintah bersiap melakukan serangan darat.


"Serangan udara Rusia secara intens menyerang kota di bagian timur Daraa untuk pertama kalinya sejak gencatan senjata di selatan Suriah disetujui pada tahun lalu," ucap Kepala Organisasi Pengamat HAM Suriah Rami Abdel Rahman.

Jet tempur Rusia itu dilaporkan terbang dari pangkalan Hmeimim di bagian pesisir Suriah yang dioperasikan Rusia. Hal itu diketahui berdasarkan tipe, lokasi, amunisi, dan pola penerbangannya.

Tim monitor yang berbasis di Inggris itu menyebutkan setidaknya ada 25 serangan yang ditujukan pada zona yang ditempati para pemberontak. Namun, tidak dilaporkan ada berapa korban tewas dalam serangan itu.
(dhn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed