DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 02:22 WIB

Jual Beli 'Serangan' Erdogan vs Ince Jelang Pemungutan Suara

Danu Damarjati - detikNews
Jual Beli Serangan Erdogan vs Ince Jelang Pemungutan Suara Ratusan ribu pendukung Muharrem Ince di kampanye rapat umum, Istanbul, sehari jelang pemungutan suara Pemilu Turki 2018. (Bulent Kilic/AFP Photo)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Istanbul - Sang petahana Pilpres Turki, Recep Tayyip Erdogan terlibat perang pernyataan dengan rivalnya, Muharrem Ince. Hari terakhir kampanye menjadi ring tanding mereka.

Dilansir AFP, Minggu (24/6/2018), Ince mengadakan rapat umum di Izmir dan Ankara pada Sabtu (23/6/2018) waktu setempat. Juga, ratusan ribu orang ikut serta di dekat pantai Maltepe, bagian Asia dari Istanbul.


Ince mengklaim lima juta orang telah turun ke jalanan Istanbul. Meski begitu, sulit untuk memverifikasi kebenaran klaim atas jumlah massa seperti itu.

Dia mengemukakan gambaran suram dari Turki bila Erdogan kembali berkuasa lewat Pemilu. Mata uang Lira akan tetap loyo, harga-harga barang tinggi, dan isu 3,5 juta pengungsi Suriah tak akan terselesaikan.

[Gambas:Video 20detik]



"Namun bila Ince menang, bukan cuma Ince yang menang... tapi 80 juta orang yang akan menang! Turki akan menang!" pekik Ince yang sudah menggelar 107 kampanye massa selama 50 hari terakhir ini.

Saat Ince menggelar kampanye di tiga kota besar Turki, Erdogan justru menggelar kampanye yang lebih kecil di Istanbul.

"Bila Tuhan menghendaki, besok sore kita bakal bergembira bersama," kata Erdogan dalam kampanye di distrik Esenyurt, Istanbul. "Apakah Anda siap untuk membawa kemenangan?"


Dia mengecam Ince yang telah bersumpah untuk bermukim di luar pusat komisi Pemilu Turki, pada Minggu (24/6) saat pemungutan suara, demi memastikan Pemilu yang adil. Menurut Erdogan, Ince telah mengabaikan aturan lewat rencana demikian.

"Mr Muharrem (Ince), kita ini hidup di negara hukum," kata Erdogan. Dia menegaskan semua langkah telah diambil pemerintah demi menjamin kelancaran Pemilu.


(dnu/dnu)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed