DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 11:35 WIB

Tampar Bayi yang Dibaptis, Pastor Prancis Dikecam

Novi Christiastuti - detikNews
Tampar Bayi yang Dibaptis, Pastor Prancis Dikecam Ilustrasi (Thinkstock)
Paris - Seorang pastor Katolik di Prancis dinonaktifkan setelah terekam video menampar seorang bayi yang menangi saat sedang dibaptis. Video itu menjadi viral dan menuai kecaman di media sosial.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (23/6/2018), dalam rekaman video yang beredar di Twitter pada Kamis (21/6) waktu setempat, suara terkejut terdengar saat pastor berusia 89 tahun itu menampar pipi seorang bayi laki-laki. Pastor itu sebelumnya meminta si bayi yang digendongnya untuk diam.

Beberapa detik kemudian, sang pastor kembali menampar bayi itu.


Orang tua si bayi itu juga terlihat terkejut. Mereka akhirnya mengambil bayi mereka dari gendongan sang pastor. Upacara pembaptisan ini digelar di Champeaux, yang berjarak 50 kilometer sebelah tenggara Paris.

Keuskupan Meaux yang mencakup wilayah Champeaux, memberikan reaksi keras atas insiden ini. "Hilangnya kendali diri bisa disebabkan oleh kelelahan seorang pastor yang sudah lanjut usia, tapi itu tidak bisa menjadi pembenaran," demikian pernyataan Keuskupan Meaux.

Ditegaskan Keuskupan Meaux bahwa sang pastor yang tidak disebut namanya itu tidak akan diperbolehkan memimpin prosesi baptis dan pernikahan, juga memberikan khotbah hingga jangka waktu yang belum ditentukan.


Kepada radio lokal, France Info, sang pastor memberikan pembelaan diri. "Anak itu menangis dan saya perlu menggerakkan kepalanya agar saya bisa menuangkan air. Saya bilang 'diam' tapi dia tidak mau tenang," ucap sang pastor.

"Itu antara belaian dan tamparan kecil. Saya berusaha menenangkannya, saya tidak begitu paham apa yang harus dilakukan," imbuhnya.


Saksikan juga video 'Pastor Asal Zimbabwe Ini Mengaku Punya Nomor Telepon Tuhan':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed