DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 10:29 WIB

Koko, Gorila Terkenal dan Pintar Bahasa Isyarat Mati di Usia 46 Tahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Koko, Gorila Terkenal dan Pintar Bahasa Isyarat Mati di Usia 46 Tahun Koko gorila dan Dr Francine Patterson yang mengajarkan bahasa isyarat (Foto: Gorilla Foundation)
California - Seekor gorila terkenal yang menguasai bahasa isyarat, telah mati pada umur 46 tahun. Gorila betina bernama Koko itu mati di sebuah cagar alam milik Gorilla Foundation (Yayasan Gorila) di pegunungan Sana Cruz, California, Amerika Serikat.

Pihak Gorilla Foundation menyatakan seperti dilansir The Guardian, Jumat (22/6/2018), Koko mati dengan tenang dalam tidurnya pada Selasa (19/6) waktu setempat. Pihak yayasan menyatakan bahwa Koko gorila akan sangat dirindukan.

"Koko menyentuh kehidupan jutaan orang sebagai duta untuk semua gorila dan ikon untuk komunikasi antarspesies dan empati," demikian disampaikan pihak yayasan dalam sebuah statemen.




Koko yang dilahirkan di Kebun Binatang San Francisco pada tahun 1971, mulai diajarkan bahasa isyarat dasar oleh seorang periset, Dr Francine Patterson pada usia 1 tahun. Koko dilaporkan memahami sekitar 2 ribu kata-kata verbal bahasa Inggris.

Koko yang pecinta kucing itu, telah tampil dalam banyak dokumenter dan dua kali di National Geographic. Koko juga dikenal menjalin persahabatan dengan sejumlah selebritis Amerika Serikat, termasuk mendiang aktor dan komedian Robin Williams.




Pihak Gorilla Foundation menyatakan akan menghormati peninggalan Koko dengan aplikasi bahasa isyarat yang menampilkan Koko untuk kepentingan gorila dan anak-anak serta proyek-proyek lainnya.

"Dampaknya sangat dalam dan apa yang telah dia ajarkan kepada kita tentang kapasitas emosional gorila dan kemampuan kognitif mereka akan terus membentuk dunia," demikian pernyataan Gorilla Foundation.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed