DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 19:11 WIB

Usai KTT Trump-Kim, Jepang Akan Hentikan Latihan Serangan Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Usai KTT Trump-Kim, Jepang Akan Hentikan Latihan Serangan Rudal Ilustrasi (REUTERS/Toru Hanai)
Tokyo - Otoritas Jepang memutuskan untuk menghentikan latihan evakuasi dalam menghadapi potensi serangan rudal Korea Utara (Korut). Hal ini diputuskan usai pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un berlangsung pekan lalu.

Dilaporkan kantor berita Kyodo seperti dilansir Reuters, Kamis (21/6/2018), Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, menegaskan kembali bahwa sangat vital bagi Korut untuk mengambil langkah konkret menuju perlucutan seluruh senjata pemusnah massal dan rudal secara penuh, terverifikasi dan tidak bisa diubah.


Ditekankan oleh Suga bahwa Korut telah menyatakan tidak akan melakukan uji coba, baik rudal maupun nuklir. Bahkan pemimpin Korut Kim Jong-Un telah menjanjikan denuklirisasi sepenuhnya di Semenanjung Korea.

"Situasinya berbeda dengan tahun lalu ketika peluncuran rudal sering terjadi dan ini bukan situasi di mana rudal-rudal akan beterbangan segera," sebut Suga dalam konferensi pers terbaru.

Dituturkan Suga bahwa latihan menghadapi serangan rudal Korut sempat masuk dalam pertimbangan pemerintah Jepang.


Tahun lalu, Korut menembakkan dua rudal yang melewati wilayah Jepang. Tidak hanya itu, Korut juga menggelar uji coba nuklir keenam mereka yang menuai kecaman global, termasuk Jepang.

Namun Jepang menyambut baik pertemuan bersejarah antara Trump dan Kim Jong-Un yang digelar di Singapura, pekan lalu. Jepang menyebutnya sebagai langkah maju menuju denuklirisasi Korut.

Dituturkan sejumlah sumber pemerintahan Jepang, pekan lalu, otoritas Jepang sedang mengincar pertemuan antara Perdana Menteri Shinzo Abe dan Kim Jong-Un. Laporan media-media Jepang menyebut ada kemungkinan PM Abe akan berkunjung ke Pyongyang, Korut pada awal Agustus.

Belum ada konfirmasi resmi soal rencana pertemuan itu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed