DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 17:43 WIB

Trump: Korut Telah Pulangkan 200 Jasad Tentara AS

Novi Christiastuti - detikNews
Trump: Korut Telah Pulangkan 200 Jasad Tentara AS Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
Minnesota - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Korea Utara (Korut) telah memulangkan 200 jasad tentara AS yang gugur dan hilang saat Perang Korea. Klaim Trump ini tidak didukung oleh konfirmasi resmi dari otoritas militer AS.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (21/6/2018), klaim ini diungkapkan Trump saat berbicara di depan pendukungnya dalam sebuah acara di Duluth, Minnesota, AS, pada Rabu (20/6) waktu setempat.

"Kita mendapatkan kembali pahlawan-pahlawan hebat kita yang gugur, jenazah-jenazahnya dikirim kembali hari ini, sudah 200 (jenazah) yang dikirim kembali," sebut Trump dalam acara itu.


Sejauh ini, belum ada konfirmasi resmi militer AS soal pengembalian 200 jenazah tentara AS itu dari pihak Korut.

Namun sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya menuturkan pada Selasa (19/6) waktu setempat, dalam beberapa hari ke depan, Korut akan menyerahkan 'sejumlah besar' jenazah kepada Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Korea Selatan (Korsel).

Dari Korsel, lanjut pejabat-pejabat AS itu, jenazah-jenazah tersebut akan ditransfer ke Pangkalan Angkatan Udara Hickam di Hawaii.


Pemulangan jenazah tentara AS disepakati dalam pertemuan bersejarah antara Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un di Singapura, pekan lalu. Dalam konferensi pers usai pertemuan itu, Trump mengumumkan Kim Jong-Un sepakat memulangkan jenazah tentara AS yang gugur dalam Perang Korea tahun 1950-1953 silam.

Menurut data militer AS, sekitar 7.700 tentara AS dinyatakan hilang semasa perang Korea. Sedangkan menurut Pentagon, para pejabat Korut sebelumnya pernah mengindikasikan bahwa mereka menyimpan sekitar 200 jenazah tentara AS di wilayahnya.

Diketahui lebih dari 36.500 tentara AS tewas dalam perang Korea.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed