DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 15:38 WIB

Taliban Bunuh 30 Tentara Afghanistan dan Kuasai Pangkalan Militer

Rita Uli Hutapea - detikNews
Taliban Bunuh 30 Tentara Afghanistan dan Kuasai Pangkalan Militer Foto: AFP
Kabul - Para militan Taliban membunuh 30 tentara Afghanistan dan menguasai sebuah pangkalan militer di provinsi Badghis, Afghanistan barat hari ini. Serangan ini merupakan serangan besar Taliban yang pertama sejak gencatan senjata selama hari raya Idul Fitri.

Gencatan senjata Taliban selama tiga hari tersebut berakhir pada Minggu (17/6) waktu setempat. Gubernur provinsi Badghis, Abdul Qafoor Malikzai mengatakan, militan-militan Taliban menyerang dua pos keamanan pada Rabu dini hari waktu setempat.




Menurut Abdul Aziz Bek, kepala dewan provinsi Badghis, sebuah pangkalan militer di distrik Balamerghab menjadi target serangan tersebut.

"Banyak militan Taliban datang dari sejumlah arah," ujar Bek seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (20/6/2018). "Setelah berjam-jam pertempuran sengit, 30 tentara Afghanistan tewas dan Taliban menguasai pangkalan," imbuhnya.




Dikatakan Bek, sebanyak 15 militan Taliban tewas dalam kontak senjata di bagian-bagian lain wilayah provinsi tersebut. Menurut Bek, para militan Taliban telah mempersiapkan serangan mereka dan telah melakukan pengintaian di wilayah tersebut selama gencatan senjata.

Naqibullah Amini, juru bicara kepolisian Badghis mengkonfirmasi kematian 30 tentara Afghanistan tersebut. Dikatakannya, Taliban juga menewaskan empat tentara dalam serangan terpisah di pos-pos keamanan di distrik yang sama.

Sejauh ini, belum ada komentar dari kelompok Taliban mengenai serangan-serangan tersebut.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed