DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 14:31 WIB

Sosok Penting yang Diburu Terkait 1MDB Pernah Keluar-Masuk RI

Novi Christiastuti - detikNews
Sosok Penting yang Diburu Terkait 1MDB Pernah Keluar-Masuk RI Ilustrasi (REUTERS/Olivia Harris/Files)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur - Salah satu sosok penting yang sedang diburu Malaysia terkait skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), diketahui bepergian masuk dan keluar Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Nik Faisal Ariff Kamil disebut memiliki seorang istri asal Indonesia.

Seperti dilansir media Malaysia, The Star, Rabu (20/6/2018), nama Nik Faisal masuk daftar sosok penting yang sedang dicari Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) terkait penyelidikan skandal korupsi SRC International Sdn Bhd, bekas unit perusahaan 1MDB.


Nik Faisal bersama miliarder Malaysia, Low Taek Jho alias Jho Low, diburu MACC sejak penyelidikan dimulai Juli 2015. Penyelidikan terhadap 1MDB, termasuk SRC International, sempat dihentikan di bawah pemerintahan mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak, sebelum dibuka kembali oleh pemerintahan PM Mahathir Mohamad.

Saat ini, SRC International masih menjadi fokus penyelidikan MACC. Bukti yang didapat MACC akhir tahun 2015 menunjukkan aliran dana sebesar US$ 10,6 juta atau setara 42 juta ringgit (Rp 146 miliar) dari SRC International telah ditransfer ke sebuah rekening milik Najib. SRC International dibentuk pemerintahan Najib tahun 2011 untuk mengejar investasi internasional di sektor sumber daya energi.


Najib dan istrinya, Rosmah Mansor, telah dimintai keterangan oleh MACC beberapa waktu lalu. Sosok Nik Faisal yang merupakan mantan Direktur Operasional SRC International dibutuhkan keterangannya untuk penyelidikan yang tengah berlangsung. Keberadaannya saat ini tak diketahui pasti. Tapi terungkap dia pernah keluar-masuk Indonesia.

"Dia (Nik Faisal-red) telah menetap di Indonesia sejak skandal 1MDB dan SRC mencuat. Namun, dia bergerak masuk dan keluar negara itu dan terus berkomunikasi dengan orang-orang yang dekat dengannya," sebut sejumlah sumber yang memahami penyelidikan kasus ini.

Nik Faisal Ariff Kamil yang sedang diburu Komisi Antikorupsi Malaysia terkait skandal 1MDBNik Faisal Ariff Kamil yang sedang diburu Komisi Antikorupsi Malaysia terkait skandal 1MDB Foto: thestar.com.my

Awal bulan ini, MACC merilis surat perintah penangkapan untuk Nik Faisal juga Jho Low.

Dituturkan sejumlah sumber yang dikutip The Star, Nik Faisal memiliki keluarga di Indonesia melalui istrinya yang warga Indonesia dan dinikahinya tiga tahun lalu. Identitas dan asal istri Nik Faisal tidak disebut lebih lanjut.


Namun menurut sumber-sumber, Nik Faisal (47) tiba-tiba memiliki gaya hidup mewah yang membuat teman-teman dekatnya kaget. "Banyak temannya yang tiba-tiba melihat perubahan besar dalam gaya hidupnya dan tak tahu-menahu bagaimana dia mengumpulkan kekayaannya," tutur salah satu kenalan Nik Faisal.

Dia dikenal sebagai penggila bola dan pernah pergi ke Brasil tahun 2014 untuk menonton Piala Dunia selama sebulan penuh. Dia juga diketahui bolak-balik New York-Brasil selama menonton pertandingan-pertandingan Piala Dunia saat itu.


Tahun 2015, Nik Faisal sempat dimintai keterangannya oleh tim satgas MACC. Saat itu para penyidik MACC sampai mendatanginya ke Indonesia. Namun tim satgas MACC tidak bisa melanjutkan penyelidikan hingga menjeratkan dakwaan terhadapnya karena tiba-tiba dibubarkan oleh pemerintahan Najib.



Saksikan juga video "Rp 405 Miliar Disita Polisi Malaysia Terkait Korupsi 1MDB':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed