DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 09:19 WIB

Bertemu Sekjen PBB di Finlandia, Menlu RI Sampaikan 3 Hal Ini

Aditya Mardiastuti - detikNews
Bertemu Sekjen PBB di Finlandia, Menlu RI Sampaikan 3 Hal Ini Menlu Retno dan Menlu Finlandia di Helsinki (Foto: Dok. Lehtikuva/VESA MOILANEN/ via REUTERS)
Helsinki - Menlu RI Retno Marsudi bertemu dengan Sekjen PBB Antonio Guterres di Helsinki, Finlandia. Dalam pertemuan itu Menlu merekomendasikan tiga hal.

Keberadaan Menlu di Finlandia dalam rangka menjadi co-shot pertemuan Sekjen PBB dengan anggota High Level Advisory Board on Mediation (HLAB-M). Menlu menjadi co-host bersama Menlu Finlandia, Timo Soini, pada Senin (18/6).

"Dalam pernyataan pembukaan, Menlu Retno menyampaikan tiga masukan bagi Sekjen dan HLAB-M terkait mediasi, upaya mencegah konflik dan menciptakan perdamaian," kata Jubir Kemlu RI Armanatha Nasir dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (19/6/2018).


Hal pertama yang disampaikan adalah tentang pentingnya meningkatkan komunikasi dengan pemimpin masyarakat atau pemimpin agama untuk menjaga 'value of tolerance'.

"Dalam kaitan ini, Menlu Retno menyampaikan bahwa baru-baru ini Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Trilateral Ulama Indonesia-Afghanistan-Pakistan, di Bogor bulan Mei 2018. Pertemuan Ulama ini menghasilkan komitmen yang positif yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian di Afghanistan," tutur Armanatha.


Hal kedua terkait pentingnya mengubah budaya reaksi menjadi budaya pencegahan. Menlu juga ingin pencegahan konflik ini menjadi salah satu prioritas PBB.

"Ketiga, pentingnya menyebarluaskan 'habit of dialogue', penghormatan terhadap hukum internasional, kerjasama dengan Organisasi Regional untuk mencegah konflik. Hal tersebut sejalan dengan prioritas Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, yang masa kerjanya akan dimulai 1 Januari 2019 dan berakhir pada 31 Desember 2020," beber Armanatha.
(rna/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed