DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 06:23 WIB

Tentang Partai #6 dan Pria Misterius di Samping Limusin Kim Jong Un

Rina Atriana - detikNews
Tentang Partai #6 dan Pria Misterius di Samping Limusin Kim Jong Un Pengawal Kim Jon Un (Foto: BBC World)
Jakarta - Apri 2018 lalu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Korea Selatan dan bertemu Presiden Moon Jae-in. Pemandangan saat Limusin Kim berjalan dan dikelilingi pengawal pria berbadan tegap menjadi perhatian tersendiri.

Pemandangan yang sama terlihat 2 bulan kemudian saat Kim mengunjungi Singapura pada 12 Juni 2018. Kim Jong Un ke Singapura dalam rangka bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Mobil Limusin Kim lagi-lagi dikelilingi pria berbadan tegap saat mobil tersebut berjalan. Sebetulnya siapa mereka?

Dikutip dari BBC, Rabu (13/6/2018), keberadaan pria-pria itu karena Korut sangat serius terkait keamanan pemimpinnya. Analis Internasional Michael Madden bicara lebih banyak tentang kaum pria misterius ini.


Michael Madden adalah pakar dari Institut Korea-AS di SAIS-Johns Hopkins University dan Direktur NK Leadership Watch, afiliasi dari 38 North.

Madden menyebut pria-pria itu adalah para anggota dari Kantor Pusat Partai #6 atau yang secara resmi disebut Kantor Pusat Ajudan. Agar bisa menjadi bagian satuan ini, mereka setidaknya harus bisa menembak dan seni bela diri.

Mereka direkrut Tentara Rakyat Korea (KPA) dengan syarat di antaranya harus memiliki tinggi yang sama tingginya dengan pemimpin tertinggi dan tidak boleh mengalami gangguan penglihatan.


Latar belakang mereka juga akan dicek hingga dua generasi di atasnya. Tak sedikit mereka yang terpilih adalah yang masih memiliki hubungan keluarga dengan Kim atau elite Korut lainnya.

Setelah terpilih mereka akan dilatih secara intensif. Nantinya mereka akan ada 4-6 pengawal di samping Kim persis. Mereka juga diizinkan membawa senjata api di samping Kim Jong Un.


Ini video Bodyguard yang mengawal Kim Jong Un

[Gambas:Video 20detik]


(rna/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed