DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 18:22 WIB

Selain Jho Low, Ini 4 Sosok Penting yang Diburu dalam Skandal 1MDB

Novi Christiastuti - detikNews
Selain Jho Low, Ini 4 Sosok Penting yang Diburu dalam Skandal 1MDB Ilustrasi (REUTERS/Olivia Harris/Files)
FOKUS BERITA: Nasib Najib Razak
Kuala Lumpur - Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) untuk pertama kalinya merilis identitas sosok penting dalam skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Pria bernama Tan Kim Loong itu tengah diburu bersama tiga orang lainnya terkait penyelidikan 1MDB.

Dalam pernyataan terbaru, seperti dilansir The Star dan Malay Mail, Senin (11/6/2018), MACC merilis foto Tan (40) yang juga dikenal sebagai Eric Tan. Sosok Tan disebut sebagai 'pria misterius' dan diyakini memiliki nama samaran lainnya.

MACC mengidentifikasinya sebagai sosok penanda tangan sejumlah rekening bank di Singapura, yang dimanfaatkan untuk praktik pencucian uang 1MDB. Rekening-rekening bank yang dimaksud ada di RB Coutts dan Falcon Bank.


Diketahui juga bahwa Tan telah menjadi buronan bersama miliarder Low Taek Jho alias Jho Low sejak Oktober 2016. Surat perintah penangkapan untuk Jho Low telah dirilis otoritas Malaysia pekan lalu.

Tiga orang lainnya yang juga diburu MACC diidentifikasi sebagai Tang Keng Chee alias Casey Tang (53), Geh Choh Heng (47) dan Loo Ai Swan alias Jasmine Loo (45). Ketiganya disebut tengah dicari untuk memfasilitasi penyelidikan skandal 1MDB.

Tang, Geh dan Loo juga diketahui merupakan mantan pegawai 1MDB yang diselimuti skandal korupsi sejak lama.

Empat orang yang sedang diburu Komisi Antikorupsi Malaysia terkait skandal 1MDBEmpat orang yang sedang diburu Komisi Antikorupsi Malaysia terkait skandal 1MDB Foto: thestar.com.my

Tang disebut pernah menjabat sebagai eksekutif investasi dan pionir 1MDB. Geh dan Loo juga diketahui pernah bekerja di 1MDB. Tang dan Loo masuk daftar pencarian sejak beberapa tahun terakhir, namun nama Geh baru kali ini masuk daftar pencarian.

Keempat orang itu diketahui terakhir kali tinggal di Kuala Lumpur. Namun keberadaan mereka saat ini tidak diketahui pasti.

"MACC meminta individu-individu terkait untuk segera menunjukkan diri atau menghubungi MACC untuk membantu penyelidikan kasus itu," demikian pernyataan pihak MACC pada Senin (11/6) ini.


MACC juga meminta masyarakat untuk menghubungi kantornya jika memiliki informasi atau mengenal empat orang yang sedang dicari itu.


(nvc/rna)
FOKUS BERITA: Nasib Najib Razak
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed