DetikNews
Kamis 07 Juni 2018, 06:10 WIB

Ciuman Duterte: Peristiwanya Menghebohkan, Pengakuannya Menggemparkan

Rina Atriana - detikNews
Ciuman Duterte: Peristiwanya Menghebohkan, Pengakuannya Menggemparkan Rodrigo Duterte (Foto: King Rodriguez/Presidential Photo, file via philstar.com)
Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mencium bibir seorang perempuan WN Filipina saat melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Ciuman tersebut menimbulkan pro dan kontra.

Duterte mencium bibir bernama Bae Kim yang telah menikah usai memberinya sebuah buku. Ibaratnya ciuman itu imbalan untuk Duterte atas pemberian itu.


Dilansir dari Philstar, Rabu (6/6/2018), Duterte menyatakan dia tak akan mencium wanita apabila ada kebencian di baliknya. Dia menyebut kejadian di Korsel sebagai hiburan semata dan semua orang menyukainya.

"Kita menikmatinya. Itu adalah hiburan dan semua orang menikmatinya. Saya tidak melakukannya di publik apabila ada kebencian di baliknya," ujar Duterte.

"Saya hanya dapat melibatkan emosi jika saya mencium perempuan yang saya cintai. Sedangkan jika orang asing, itu murni hiburan," imbuhnya.

Aktivis hak asasi perempuan di Filipina baru-baru ini meluncurkan kampanye online #BabaeAko (I Am a Woman) untuk mengirim pesan bahwa mereka tidak menerima pernyataan 'seksis' Duterte. Sementara penasihat hukum Presiden Salvador Panelo mengatakan, ciuman Duterte di Korsel itu menunjukkan karakter kepedulian dan kebapakan.


Tahu bahwa apa yang dilakukannya menimbulkan polemik, secara mengejutkan Duterte menyatakan bersedia mundur apabila ada petisi yang memintanya mundur yang ditandatangani semua wanita di Filipina.

"Jika ada cukup banyak wanita untuk... Baiklah saya pikir jika semua wanita di sini menandatangani sebuah petisi untuk saya mundur, saya akan mundur," tutur Duterte.

Ciuman Duterte: Peristiwanya Menghebohkan, Pengakuannya MenggemparkanFoto: Screenshot PTV
Terkait ciuman ini, Duterte mengaku hal itu merupakan kebiasaan lamanya. Pria 73 tahun itu menyebut mencium wanita adalah kebiasaannya selama kira-kira 22 tahun sejak dia menjabat sebagai Wali Kota Davao hingga kini menjadi Presiden Filipina.

"Selama kampanye saat saya menjadi wali kota, saya mencium setiap wanita di sana, dari bibir ke bibir," ungkap Duterte.



Kontroversi ciuman Duterte ke bibir perempuan menimbulkan pro kontra, tonton videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(rna/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed