Atheis, PM Baru Spanyol Dilantik Tanpa Kitab Suci dan Salib

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 06 Jun 2018 01:40 WIB
Foto: PM baru Spanyol Pedro Sanchez (kiri) usai dilantik. Dia sempat bersalaman dengan mantan PM Mariano Rajoy. (dok. Reuters)
Madrid - Perdana Menteri baru Spanyol, Pedro Sanchez, dilantik tanpa Alkitab dan salib. Alasannya, dia merupakan seorang atheis.

Dilansir dari BBC, Rabu (6/6/2018) pelantikan itu dilakukan pada 2 Juni lalu. Dia diambil janjinya sebagai PM oleh Raja Spanyol, Felipe.


Pelantikan ini dilakukan usai mosi tidak percaya terhadap PM sebelumnya, Mariano Rajoy yang berasal dari partai Konservatif.

Sanchez yang berasal dari kubu sosialis memenangkan dukungan dari enam partai lain untuk menyingkirkan Mr Rajoy karena skandal korupsi besar-besaran. Sebagai perdana menteri baru Spanyol, yang partainya hanya memiliki seperempat kursi di parlemen, dia sekarang harus memutuskan siapa yang akan dimasukkan dalam kabinetnya dan diperkirakan akan mengumumkan mereka minggu depan.


Dalam upacara singkat di kerajaan di Madrid Sanchez berjanji untuk setia memenuhi tugasnya dengan hati nurani dan kehormatan, dengan kesetiaan kepada raja, dan untuk menjaga dan mempertahankan konstitusi sebagai aturan negara yang fundamental.



Tonton juga 'Ratusan Ribu Warga Spanyol Menuntut Dibebaskannya Tahanan Politik':

[Gambas:Video 20detik]

(haf/idh)