DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 16:59 WIB

Istri Najib Bungkam Usai Ditanyai Komisi Antikorupsi

Novi Christiastuti - detikNews
Istri Najib Bungkam Usai Ditanyai Komisi Antikorupsi Rosmah Mansor saat keluar dari gedung Komisi Antikorupsi Malaysia (AFP PHOTO/Mohd RASFAN)
FOKUS BERITA: Nasib Najib Razak
Kuala Lumpur - Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, keluar dari kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) setelah ditanyai selama 3 jam oleh penyidik MACC. Rosmah ditanyai soal SRC International Sdn Bhd, unit perusahaan 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Seperti dilansir media Malaysia, The Star dan Malay Mail, Selasa (5/6/2018), wanita berusia 66 tahun ini keluar dari kantor MACC pukul 15.44 waktu setempat dan tak berbicara sama sekali kepada wartawan yang menunggunya. Dia hanya melambai dan tersenyum ke arah kamera wartawan.

Rosmah lalu masuk ke dalam Mercedes-Benz S Class yang ditumpanginya saat tiba di pagi hari. Dua anaknya, Ashman Najib dan Nooryana Najwa Najib, yang menemani Rosmah masuk ke mobil Proton Exora. Mereka lalu meninggalkan kantor MACC tanpa pengawalan ketat.


Dua pengacara Rosmah, K Kumaraendran dan Geethan Ram Vincent, sempat menyampaikan keterangan singkat kepada wartawan, tanpa menerima pertanyaan. Disebutkan keduanya bahwa Rosmah hanya ditanyai penyidik MACC selama tiga jam, meskipun berada di gedung MACC selama lima jam.

"MACC telah selesai meminta keterangan dari klien kami," ucap Kumaraendran dalam keterangannya.

"Dia (Rosmah-red) memberikan kerja sama penuh dan para petugas menjalankan pekerjaan mereka dengan profesional," imbuhnya.


Pertanyaan yang diajukan ke Rosmah berkaitan dengan penyelidikan terhadap SRC International Sdn Bhd, unit perusahaan 1MDB. SRC International Sdn Bhd dibentuk pemerintahan Najib tahun 2011 untuk mengejar investasi internasional dalam sektor sumber daya energi.

Najib juga ditanyai soal hal yang sama saat dimintai keterangan oleh MACC beberapa waktu lalu. Bukti yang didapat MACC akhir tahun 2015 menunjukkan aliran dana US$ 10,6 juta atau setara 42 juta ringgit (Rp 146 miliar) dari SRC International ditransfer ke sebuah rekening milik Najib.

"Kami memberikan kerja sama penuh selama proses (tanya-jawab) dan Rosmah juga diperlakukan dengan baik. Semuanya berjalan baik," ujar Kumaraendran. "Kami akan terus bekerja sama, jika MACC membutuhkan kami lagi," imbuhnya.


(nvc/imk)
FOKUS BERITA: Nasib Najib Razak
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed