Kim Jong-Un: Keinginan Korut Untuk Denuklirisasi Tetap Tak Berubah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 01 Jun 2018 15:03 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un (Foto: Dok. KCNA via Reuters)
Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un menyatakan bahwa keinginan negaranya untuk menyingkirkan senjata nuklir dari Semenanjung Korea tetap tak berubah. Kim pun menegaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Keinginan DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea) untuk denuklirisasi Semenanjung Korea masih tetap tak berubah dan konsisten serta pasti," demikian disampaikan Kim dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov di Pyongyang seperti dikutip kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) dan dilansir Press TV, Jumat (1/6/2018).




Pernyataan itu disampaikan Kim pada Kamis (31/5) waktu setempat tak lama setelah Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo menanyakan pada Kim Yong-chol, yang dianggap sebagai tangan kanan Kim Jong-Un, apakah Pyongyang masih berkomitmen pada denuklirisasi. Pompeo dan pejabat tinggi Korut tersebut telah bertemu di New York untuk membahas kemungkinan pertemuan puncak Kim-Trump di Singapura pada 12 Juni mendatang.




Dalam pertemuan itu, Pompeo mengatakan bahwa pemerintah AS akan meningkatkan tekanan terhadap Korut jika upaya-upaya diplomatik saat ini antara kedua pihak gagal.

Sebelumnya, pada 24 Mei lalu Trump membatalkan pertemuan dengan Kim, sebelum kemudian menarik kembali pernyataannya itu sehari kemudian. (ita/ita)