Sosok Yang di-Pertuan Agong yang Diisukan Akan Nikahi Putri Anwar

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 30 Mei 2018 19:46 WIB
Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dalam foto tahun 2017 (AFP PHOTO/MOHD RASFAN)
Kuala Lumpur - Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V diisukan akan menikahi putri Anwar Ibrahim, Nurul Izzah. Isu itu telah dibantah. Namun seperti apa sosok Raja Malaysia ini?

Seperti dilansir The Star dan Asia One, Rabu (30/5/2018), Sultan Muhammad V ditunjuk menjadi Yang di-Pertuan Agong sejak Desember 2016. Sebelumnya dia memegang jabatan Wakil Yang di-Pertuan Agong sejak Oktober 2011.

Sultan Muhammad V mencetak sejarah sebagai salah satu Yang di-Pertuan Agong paling muda yang pernah bertakhta di Malaysia. Sultan Muhammad V terpilih menjadi Yang di-Pertuan Agong pada usia 47 tahun, separuh usia Sultan Kedah Tuanku Abdul Halim Muadzam Shah yang tercatat sebagai Raja Malaysia tertua di usia 89 tahun.

Di Malaysia yang menganut sistem monarki konstitusional, seorang Yang di-Pertuan Agong merupakan kepala negara. Takhta Yang di-Pertuan Agong dipegang secara bergiliran oleh para Sultan dari sembilan negara bagian Malaysia, setiap lima tahun sekali. Sultan Muhammad V terpilih dalam konferensi para Sultan Malaysia yang digelar akhir tahun 2016, dalam pemungutan suara secara rahasia.


Sultan Muhammad V merupakan Sultan Kelantan ke-29 yang naik takhta sejak September 2010, setelah ayahnya mengalami stroke. Dia merupakan anak tertua dari Sultan Ismail Petra Ibni Almarhum Sultan Yahya Petra.

Tahun 2004, Sultan Muhammad V menikah dengan Tengku Zubaidah Tengku Norudin. Namun beberapa tahun kemudian, mereka bercerai. Dengan status duda, Sultan Muhammad V menjadi Yang di-Pertuan Agong pertama dalam sejarah Malaysia yang bertakhta tanpa seorang Ratu, atau yang disebut 'Raja Permaisuri Agong'.

Dalam wawancara langka dengan The Star tahun 2011 sebelum menjadi Yang di-Pertuan Agong, saat ditanya apakah dirinya akan menikah kembali, Sultan Muhammad V hanya menjawab: "InsyaAllah."

Sultan Muhammad V juga dikenal memiliki banyak peliharaan di kediamannya mulai dari kuda, kucing, ayam hingga burung. New Straits Times menyebut hal ini menunjukkan sisi kepribadian sang Raja Malaysia yang mencintai alam.


Sosok Sultan Muhammad V juga dipuji rendah hati dan lembut. Dia disebut sangat dekat dengan rakyatnya di Kelantan dan banyak membantu mereka yang membutuhkan. Saat Kelantan diterjang banjir hebat tahun 2014, sang Sultan melakukan kunjungan mendadak ke distrik Kuala Krai. Saat itu dia tiba di pusat pemulihan banjir dengan kendaraan four-wheel drive miliknya hanya dengan satu pengawal. Sang Sultan yang kerap berpakaian merakyat ini bahkan mengambil minum sendiri. Sebagai Sultan Kelantan, dia disebut kerap memakai jubah atau baju Melayu saat menemui rakyatnya.

Tidak hanya itu, sang Sultan juga kerap menyerukan gaya hidup sehat dengan menggelar walkathons, acara jalan kaki jarak jauh untuk amal.

Sultan yang lahir dengan nama Tengku Muhammad Faris Petra pada 6 Oktober 1969 ini selalu mementingkan pendidikan dan dia meyakini bahwa bepergian jauh bisa memperluas wawasannya. Setelah menempuh pendidikan dasar di Malaysia, sang Sultan melanjutkan pendidikannya di Oakham School di Rutland, Inggris hingga tahun 1989.

Dia kemudian belajar kajian diplomatik dan Kajian Islam di Oxford. Tak berhenti di situ, sang Sultan juga belajar hubungan diplomatik dan administrasi bisnis di Huron University College, London, sebelum melanjutkan belajar hubungan diplomatik di Deutsche Stiftung Internationale Entwicklung di Berlin, Jerman. Sang Sultan juga sempat belajar administrasi bisnis Eropa di European Business School di London.


Sebagai seorang muslim, Sultan Muhammad V dikenal sangat taat dan sering mendatangi masjid-masjid lokal di Kelantan untuk salat bersama jemaah di sana. Setiap bepergian ke luar negeri, Sultan Muhammad V selalu didampingi mentornya dalam ajaran Islam.

Isu soal rencana pernikahan Sultan Muhammad V dengan Nurul Izzah semakin santer setelah Anwar Ibrahim bersama istrinya, Wan Azizah dan Nurul Izzah menghadiri audiensi dengan ibunda Sultan Muhammad V, Tengku Anis Tengku Abdul Hamid, pada 24 Mei di Istana Mahkota, Kubang Kerian, Kelantan. Audiensi yang digelar tertutup itu dilaporkan berlangsung selama satu jam. Pesan viral yang beredar secara online menyebut audiensi itu membahas rencana pernikahan Nurul Izzah dengan Sultan Muhammad V.

Nurul Izzah sendiri kini berstatus janda setelah bercerai dengan suaminya yang seorang pengusaha, Raja Ahmad Shahrir Iskandar Raja Salim, pada Januari 2015. Keduanya menikah tahun 2003 dan dikaruniai dua anak. Terhadap isu yang beredar, Nurul Izzah membantahnya mentah-mentah. "Tolong hentikan setiap berita palsu yang beredar. Terima kasih," ucap Nurul Izzah (37) yang kini menjadi anggota parlemen wilayah Permatang Pauh.

(nvc/nkn)