detikNews
Rabu 30 Mei 2018, 16:40 WIB

Putri Anwar Ibrahim Bantah Akan Dinikahi Yang di-Pertuan Agong

Novi Christiastuti - detikNews
Putri Anwar Ibrahim Bantah Akan Dinikahi Yang di-Pertuan Agong Nurul Izzah Anwar (Dok. Instagram/@n_izzah)
Kuala Lumpur - Nurul Izzah Anwar, putri mantan Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, membantah rumor yang menyebut dirinya akan menikah dengan Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V. Ibunda Nurul Izzah, Wan Azizah Wan Ismail, juga membantah rumor itu.

Seperti dilansir media Malaysia, The Star dan Malay Mail, Rabu (30/5/2018), rumor itu beredar via media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Saat dihubungi via WhatsApp, Nurul Izzah dengan tegas membantah dan menyebut ada banyak urusan lebih penting untuk diperhatikan.

"Tolong hentikan setiap berita palsu yang beredar. Terima kasih," ucap Nurul Izzah (37) yang kini menjadi anggota parlemen untuk wilayah Permatang Pauh kepada The Star.

"Mari kita semua fokus pada pekerjaan yang ada di dekat kita -- menyelamatkan perekonomian Malaysia," imbuhnya.


Secara terpisah, seperti dilansir kantor berita Bernama, Wan Azizah yang merupakan ibunda Nurul Izzah sangat terkejut saat ditanya soal rumor itu. Wan Azizah yang kini menjabat Wakil PM Malaysia, ditanya wartawan saat mengunjungi rumah jompo di Kuala Kubu Baru pada Selasa (29/5) kemarin.

"Astagfirullahaladzim. Jangan percaya rumor," ucap Wan Azizah yang juga menjabat Menteri Urusan Wanita, Keluarga dan Pengembangan Masyarakat.

Nurul Izzah merupakan putri sulung Anwar Ibrahim, yang mendapat pengampunan penuh dari Yang di-Pertuan Agong pada pertengahan Mei lalu. Anwar merupakan ketua de-facto Partai Keadilan Rakyat dan koalisi Pakatan Harapan yang kini berkuasa dengan dipimpin PM Mahathir Mohamad.

Rumor soal pernikahan Nurul Izzah dengan Yang di-Pertuan Agong ini muncul sejak awal bulan ini. Rumor ini semakin santer setelah Anwar bersama Wan Azizah dan Nurul Izzah menghadiri audiensi dengan ibunda Yang di-Pertuan Agong, Tengku Anis Tengku Abdul Hamid, pada 24 Mei lalu di Istana Mahkota, Kubang Kerian, Kelantan.


Audiensi itu juga menjadi kunjungan pertama Wan Azizah sebagai Wakil PM Malaysia ke Kelantan. Audiensi yang digelar tertutup itu dilaporkan berlangsung selama satu jam. Pesan viral yang beredar secara online menyebut audiensi itu membahas rencana pernikahan Nurul Izzah dengan Yang di-Pertuan Agong.

Nurul Izzah sendiri kini berstatus janda setelah bercerai dengan suaminya yang seorang pengusaha, Raja Ahmad Shahrir Iskandar Raja Salim, pada Januari 2015. Keduanya menikah tahun 2003 dan dikaruniai dua anak.

Sedangkan Sultan Muhammad V asal Kelantan yang menjabat Yang di-Pertuan Agong juga seorang duda. Dia telah bercerai dengan istrinya, Tengku Zubaidah Tengku Norudin, yang dinikahi tahun 2004. Sultan Muhammad V yang kini berusia 48 tahun ini menduduki takhta Yang di-Pertuan Agong sejak 13 Desember 2016. Posisi Yang di-Pertuan Agong dipegang secara bergiliran setiap lima tahun sekali, oleh para pemimpin Kesultanan Malaysia.



Tonton juga 'Anwar Ibrahim Kok Tidak Dendam Ya?':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com