DetikNews
Senin 28 Mei 2018, 09:56 WIB

Malam Ramadan ala Indonesia Undang Decak Kagum Publik Mesir

Rita Uli Hutapea - detikNews
Malam Ramadan ala Indonesia Undang Decak Kagum Publik Mesir Foto: KBRI Kairo
Kairo - Suasana bulan suci Ramadan di Mesir tahun ini lebih meriah berkat nuansa budaya Indonesia. Tim kesenian dari Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) mengundang decak kagum publik Mesir yang nyaris memenuhi Small Hall Cairo Opera House, dalam acara Indonesia's Ramadan Cultural Night.

"Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi masyarakat Indonesia, dan bulan ini biasanya dimeriahkan oleh berbagai festival dan perayaan. Malam ini kami ingin menampilkan sebagian dari budaya Indonesia di bulan Ramadan kepada masyarakat Mesir," ujar Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy, dalam sambutannya seperti tertulis dalam rilis pers KBRI Kairo yang diterima detikcom, Senin (28/5/2018).

Tampilan tim KSBN pada Sabtu (26/5) waktu setempat terdiri atas sejumlah tarian, yaitu Tari Indang Din Din Badindin, Tari Enggang, Tari Gong, Tari Srikandi Senopati, serta Tari Kembang Setaman. Acara juga dimeriahkan penampilan salah satu penyanyi keroncong terbaik Indonesia, Indra Ari Utami, serta penyanyi muda Diah Ayu Lestari. Selain itu, ditampilkan pula peragaan busana koleksi Batik Mega Mendung karya desainer Lindy Ann Umarhadi.


Foto: KBRI Kairo


Di samping dihibur oleh penampilan di panggung, para pengunjung Cairo Opera House kemarin juga berkesempatan mencicipi jajanan khas Indonesia, seperti martabak manis dan kue dadar gulung, yang dibagikan secara gratis oleh KBRI Kairo.

Kerja sama antara KSBN dengan KBRI Kairo dalam mempromosikan seni budaya Indonesia di Mesir bukan untuk pertama kali dilakukan. Pada bulan April yang lalu, KSBN juga mengirimkan tim dari Aceh ke Mesir untuk mengikuti festival di Damanhour. Kerja sama tersebut selaras dengan misi KSBN untuk menjaga, melestarikan, dan mempromosikan budaya Indonesia ke berbagai negara.

"Ke depan kami akan mengirimkan kesenian-kesenian dari daerah lainnya di Indonesia," ujar Ketua Umum KSBN, Hendardji Soepandji, yang turut mendampingi tim dalam kunjungannya ke Mesir.

Setelah tampil di Kairo, tim KSBN juga akan tampil dalam Indonesia's Ramadan Cultural Night di gedung Opera Sayed Darwish di kota Alexandria, pada Senin, 28 Mei 2018, pukul 21.00 waktu setempat. Konsep acara di kota terbesar kedua di Mesir itu akan sedikit berbeda, karena juga akan diwarnai dengan penampilan tarian dari tim kesenian mahasiswa Indonesia di Mesir.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed