DetikNews
Minggu 27 Mei 2018, 12:33 WIB

Updated

Viral Foto Buka Puasa Terpanjang di Dunia, Seperti Apa Faktanya?

Indah Mutiara Kami - detikNews
Viral Foto Buka Puasa Terpanjang di Dunia, Seperti Apa Faktanya? Buka puasa terpanjang di dunia / Foto: via Daily Pakistan
Alexandria - Foto warga ramai-ramai buka puasa dan disebut sebagai buka puasa terpanjang di dunia beredar di media sosial. Buka puasa terpanjang di dunia itu disebut terjadi di Hannover, Jerman. Seperti apa faktanya?

Dari foto yang beredar, meja-meja panjang dan kursi tampak berjajar di tengah jalan yang ditutup. Orang-orang berkumpul dan duduk di kursi yang telah disediakan.

"Luar biasa.....Buka puasa terpanjang di dunia di Hanover, Jerman, 10.2 km, jumlah meja 10.200 buah dan dihadiri oleh 42.100 orang yang berbuka puasa, masuk Guiness Book World Record... #RamadhanKareem," berikut keterangan yang menyertai foto itu.





Ada juga yang mengunggah foto dan keterangan yang sama, namun lokasinya disebutkan di Turki. Jadi, bagaimana faktanya?

Berdasarkan penelusuran detikcom, foto tersebut pernah dimuat di situs Daily Pakistan dengan judul 'Egypt sets new record for longest Ramazan Iftar table'. Di situ disebutkan di sebanyak 800 relawan menyiapkan meja sepanjang 4,3 km untuk buka puasa bersama. Meja berjajar dari Distrik Al-Mahrousa di sisi barat ke Sidi Gaber di timur.

Baca Juga: Mesir Pecahkan Rekor Meja Makan Terpanjang di Dunia untuk Buka Puasa

Menurut laporan Ahram Online, sebanyak 7.000 partisipan terdaftar untuk mengikuti kegiatan. Meski begitu, meja bisa menampung 10.000 orang untuk buka puasa.

Partisipan dapat bergabung di meja makan dua jam sebelum matahari terbenam. Ada 500 orang yang menyajikan makanan pada partisipan. Perwakilan Guinness World Record pun mengukur panjang meja untuk memastikan meja rapat satu sama lain tanpa ada celah. Hasilnya, berdasarkan tulisan di Ahram Online, Alexandria berhasil memecahkan rekor meja makan yang sebelumnya dipegang Italia sepanjang dua kilometer.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, foto itu sudah lebih dahulu ada di situs berita Turki, NTR. Foto itu ada di berita berbahasa Turki pada tanggal 22 Agustus 2010 dengan judul 'Esenler'de rekor iftar' atau 'pemecahan rekor buka bersama di Esenler'. Esenler adalah salah satu distrik di Istanbul, Turki. Jadi foto itu diambil di Turki.
(imk/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed