DetikNews
Minggu 27 Mei 2018, 10:30 WIB

Gara-gara Najib, Warga Malaysia Ramai-ramai Beri Cokelat ke Polisi

Indah Mutiara Kami - detikNews
Gara-gara Najib, Warga Malaysia Ramai-ramai Beri Cokelat ke Polisi Mantan PM Malaysia Najib Razak / Foto: REUTERS/Lai Seng Sin
Kuala Lumpur - Keluhan mantan PM Malaysia Najib Razak atas cokelat yang hilang dari kulkasnya saat digeledah polisi berujung pada reaksi warga. Warga ramai-ramai memberi cokelat ke polisi.

Aksi memberikan cokelat ke polisi ini diawali dari kampanye di media sosial. Kampanye ini menjadi langkah menyindir Najib Razak yang mengeluhkan sikap polisi yang dituduh mengambil cokelat di kulkasnya saat menggeledah rumahnya, pekan lalu.

Kampanye bernama #chocs4cops ini menyerukan warga Malaysia memberi cokelat secara gratis kepada setiap personel kepolisian di dekat tempat tinggal masing-masing. Pencetus kampanye via Facebook itu adalah seorang pengacara Malaysia bernama Siti Kasim.



Penyerahan cokelat itu dilakukan pada Sabtu (26/5). Seperti dilansir Malay Mail, Minggu (27/5/2018), warga di Perak, Selangor, dan Penang memberikan cokelat ke anggota polisi di lokasi masing-masing.

Di beberapa wilayah seperti Petaling Jaya dan Damansara, warga menyerahkan cokelat ke polisi dan petugas pemadam kebakaran. Warga yang menyerahkan cokelat diminta untuk mengunggah foto-foto kegiatan dengan tagar #chocs4cops.

Sementara itu, polisi di Kuala Lumpur dilarang menerima cokelat dari warga tersebut. Oleh karena itu, warga tidak menghentikan aksi dan mengalihkan cokelat itu ke pemadam kebakaran.

"Niat awal saya adalah untuk menunjukkan dukungan warga ke polisi dan saya merasa mereka antusias dengan ide ini. Saya lebih dahulu menanyakan dan mereka mengaku dapat arahan untuk menolak pemberian itu," kata pencetus kampanye tersebut, Siti Kasim seperti dilansir The Star.

"Jadi saya menyerahkan cokelat itu ke pemadam kebakaran. Mereka sama pentingnya dalam menjaga komunitas," sambungnya.

Warga Malaysia memberi cokelat ke pemadam kebakaran / Warga Malaysia memberi cokelat ke pemadam kebakaran / Foto: via The Star




Terkait kasus Najib, Siti yakin polisi tidak mengambil cokelat di kulkas mantan PM Malaysia itu. "Tak mungkin mereka mengambil apapun dari rumah itu. Apalagi mereka dalam sorotan," ucapnya.

Salah satu warga yang iku aksi ini, Monice Chong mengaku antusias saat pertama kali mengetahui kampanye chocs4cops ini. "Saya tahu hal ini dari Facebook dan saya memutuskan untuk ikut mengapresiasi mereka yang sudah menjaga negara ini," ujar Monice.

Sebelumnya diberitakan, keluhan Najib tentang cokelat ini pertama kali diungkapkan oleh pengacaranya, Harpal Singh Grewal. Kepada wartawan, Harpal mengaku tidak tahu jenis cokelat apa yang dikeluhkan Najib. "Cokelat-cokelat itu penting untuk klien saya, yang meminta saya memasukkan hal itu ke dalam pernyataan ini," ucapnya saat itu.

Menanggapi keluhan ini, Direktur Departemen Penyelidikan Kejahatan Komersial Kepolisian Malaysia, Amar Singh, berjanji akan mengambil 'tindakan tegas ... jika tuduhan itu terbukti benar'.



Simak juga video saat polisi geledah rumah Najib Razak berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed