DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 15:51 WIB

Polisi Masih Buru 2 Tersangka Ledakan di Restoran Kanada

Novi Christiastuti - detikNews
Polisi Masih Buru 2 Tersangka Ledakan di Restoran Kanada Restoran India di Kanada yang dilanda ledakan (REUTERS/Mark Blinch)
Ottawa - Kepolisian Kanada tengah memburu dua tersangka yang berada di balik ledakan di restoran India dekat Toronto yang melukai 15 orang. Ditegaskan kepolisian bahwa tidak ada indikasi ledakan itu merupakan aksi teror.

Ledakan itu mengguncang restoran Bombay Bhel di Mssasauga, pinggiran Toronto pada Kamis (24/5) malam waktu setempat. Getaran akibat ledakan ini dilaporkan terasa ke lokasi yang berjarak 4 kilometer dari lokasi.

"Dua pria yang memakai hoodie terlihat memasuki restoran dengan sebuah IED (peledak rakitan)," sebut Kepala Kepolisian Wilayah Peel, Jennifer Evans, dalam konferensi pers, seperti dilansir AFP, Sabtu (26/5/2018).

"Pria-pria itu terlihat melarikan diri dari lokasi segera setelah ledakan terjadi," ungkapnya. "Setiap kekuatan polisi sekarang dikerahkan untuk mencari lokasi orang-orang yang bertanggung jawab atas aksi mengerikan ini," imbuh Evans.


Belum ada pihak maupun kelompok tertentu yang mengklaim ledakan ini. Motif aksi kedua pelaku belum diketahui pasti.

Ditambahkan Evans bahwa kepolisian belum mengesampingkan seluruh dugaan motif pelaku. "Untuk saat ini, tidak ada indikasi ini adalah aksi teroris, tidak ada indikasi ini adalah kejahatan kebencian," tegas Evans dalam pernyataannya.

Secara terpisah, Menteri Keselamatan Publik, Raplh Goodale, menyatakan ledakan ini 'tidak ada keterkaitan dengan keamanan nasional untuk saat ini'.

Disebutkan Evans bahwa ledakan yang dipicu kedua pelaku memicu kerusakan cukup besar. Ada dua pesta ulang tahun yang sedang digelar di restoran itu saat ledakan terjadi. Anak-anak di bawah usia 10 tahun banyak menghadiri pesta ulang tahun itu, namun tidak ada dari mereka yang menjadi korban ledakan ini.


Dari 15 korban luka, tiga orang di antaranya sempat kritis di rumah sakit. Sebanyak 12 korban luka lainnya yang berusia antara 23-69 tahun, dilaporkan mengalami luka ringan.


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed