DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 12:35 WIB

Kata Pakar Biologi Soal Makhluk Misterius yang Terdampar di Wales

Novi Christiastuti - detikNews
Kata Pakar Biologi Soal Makhluk Misterius yang Terdampar di Wales Bangkai makhluk misterius yang terdampar di Wales (Wales News Service via The Sun)
Cardiff - Sebuah bangkai makhluk misterius yang terdampar di pantai Wales menarik perhatian para peneliti biologi. Salah satu dari peneliti itu telah memecahkan misteri soal jenis makhluk itu. Seperti apa?

Seperti dilansir media lokal, Wales Online, Sabtu (26/5/2018), Dr Dan Forman dari Tim Penelitian Ekologi Swansea pada Departemen Bio-ilmiah Universitas Swansea menuturkan bahwa makhluk misterius itu diyakini merupakan makhluk laut atau tepatnya mamalia laut (cetacea) yang telah membusuk.

"Bagian garis rahangnya menunjukkan itu seperti cetacea paus atau seekor lumba-lumba," sebutnya. "Kami mendapati cukup banyak paus dan lumba-lumba, yang kebanyakan telah mati dan membusuk di tempat-tempat seperti Pendine dan Rhossilo," imbuh Forman, merujuk pada pantai-pantai Wales.


Bangkai makhluk misterius ini ditemukan di Pantai Rhossili oleh seorang warga bernama Beth Jannetta (41) yang sedang mengajak anjingnya jalan-jalan di pantai. Bangkai itu dilaporkan memiliki panjang 5 kaki (1,5 meter) dengan bentuk kepala panjang, rahang besar dan ekor ramping. Bangkai itu memicu pertanyaan karena bentuknya sudah tidak jelas, sehingga susah dikenali.

"Rahangnya yang tipis masih terpasang dan tampaknya foto diambil terbalik," ucap Forman merujuk pada foto yang diambil Jannetta dan dikirimkan ke para pakar. "Ketika Anda melihat pertama kali, Anda mungkin berpikir itu seekor buaya, tapi jelas bukan. Ada tonjolan besar di pangkal tengkorak yang menjadi karakteristik cetacea," ungkapnya.

Bangkai makhluk misterius yang terdampar di WalesBangkai makhluk misterius yang terdampar di Wales Foto: Wales News Service via The Sun

Secara terpisah, Mark Hipkin yang seorang ranger atau petugas pengawas di kawasan itu telah mengevakuasi dan menelitinya. Dikonfirmasikan oleh Hipkin bahwa bangkai makhluk misterius itu adalah seekor porpoise.

"Ukuran panjangnya hanya lima kaki. Kami mengambilnya dengan Land Rover pukul 08.00 pagi hari dan melaporkannya kepada dewan (otoritas setempat)," tutur Hipkin soal evakuasi yang dilakukan pekan ini.

"Kami mendapati porpoise terdampar cukup sering, demikian juga lumba-lumba dan anjing laut dan terkadang domba," imbuhnya. "Akhir-akhir ini cuaca tidak terlalu berangin keras," sebutnya.


Porpoise merupakan jenis mamalia laut yang masuk ordo Cetacea, sama seperti paus dan lumba-lumba. Porpoise seringkali dianggap lumba-lumba karena bentuknya yang mirip. Ukuran tubuh porpoise biasanya lebih kecil namun lebih gemuk dari lumba-lumba.

Perbedaan porpoise dan lumba-lumba adalah pada siripnya, dengan sirip porpoise berbentuk segitiga sedangkan sirip lumba-lumba melengkung. Diketahui ada juga jenis porpoise yang tidak punya sirip di punggung, sehingga membuatnya mirip anjing laut.


(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed