DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 15:41 WIB

Uang Tunai Rp 400 M dan 400 Tas Mewah Disita dalam Skandal 1MDB

Rita Uli Hutapea - detikNews
Uang Tunai Rp 400 M dan 400 Tas Mewah Disita dalam Skandal 1MDB polisi Malaysia menggeledah rumah dan apartemen-apartemen terkait Najib Razak (Foto: Reuters)
FOKUS BERITA: Nasib Najib Razak
Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia secara total telah menyita lebih dari 400 tas mewah dan uang tunai yang mencapai hampir US$ 30 juta (sekitar Rp 400 miliar) dalam penggeledahan terkait penyelidikan skandal mega korupsi 1MDB yang menyeret mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak.

Uang dan tas-tas mewah, kebanyakan bermerek Hermes, serta perhiasan dan jam-jam tangan mewah, disita di dua apartemen di Kuala Lumpur. Total 12 lokasi, termasuk rumah Najib dan apartemen-apartemen anak-anaknya, digeledah polisi pekan lalu sebagai bagian dari penyelidikan skandal 1MDB.

"Dari uang tunai yang ditemukan, ada 26 jenis mata uang, jumlah totalnya hingga kemarin adalah 114 juta Ringgit," ujar Amar Singh, Kepala Divisi Kejahatan Komersial Kepolisian Malaysia dalam konferensi pers hari ini, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (25/5/2018).



Amar Singh mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pihak bank untuk menghitung jumlah uang tunai tersebut.

"Untuk pemeriksaan kami telah meminta bantuan Bank Negara dan Bank Islam Malaysia untuk menghitung jumlahnya. Kami menggunakan 11 mesin untuk menghitung dan 21 pegawai bank membantu menaksir," ujarnya.

Uang tunai dalam jumlah fantastis tersebut ditemukan dalam 35 tas di sebuah apartemen, sedangkan 37 tas lainnya di lokasi yang sama, berisi perhiasan dan aneka jam tangan mewah.



Total 284 kotak berisi tas-tas mewah juga ditemukan di apartemen tersebut. Polisi juga telah menyita sekitar 150 tas mewah dari unit apartemen lain di kompleks yang sama, tempat putri Najib tinggal.

Kebanyakan tas-tas tersebut adalah Hermes Birkin -- yang menjadi favorit istri Najib, Rosmah Mansor yang dikenal glamour. Singh mengatakan, foto tas-tas tersebut akan dikirimkan ke Hermes di Paris, Prancis untuk mendapatkan estimasi harganya.



Tonton juga 'Rp 405 Miliar Disita Polisi Malaysia Terkait Korupsi 1MDB':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
FOKUS BERITA: Nasib Najib Razak
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed