DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 07:24 WIB

Ini Respons Korut Soal Batalnya Pertemuan Trump dan Kim Jong Un

Rina Atriana - detikNews
Ini Respons Korut Soal Batalnya Pertemuan Trump dan Kim Jong Un Tiruan Trump dan Kim Jong-Un (Foto: REUTERS/Bobby Yip.)
Pyongyang - Presiden Donald Trump memutuskan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura batal digelar. Apa tanggapan pemerintah Korut terkait pembatalan ini?

Dilansir dari Reuters, Jumat (25/5/2018), Wakil Menteri Luar Negeri Korut Kim Kye Gwan menyatakan Korut terbuka kapan pun pertemuan tersebut digelar. Korut menghargai keputusan Trump terkait pembatalan tersebut.

"Kami (sebelumnya) sangat menghormati upaya Presiden Trump (untuk bertemu Kim Jong Un), belum pernah dilakukan oleh presiden sebelumnya untuk membuat rencana pertemuan bersejarah Korut-AS," kata Kim Kye Gwan seperti dirilis kantor berita Korut KCNA.

"Kami memberitahukan kepada AS sekali lagi bahwa kami terbuka untuk menyelesaikan masalah kapan saja dan dengan cara apa saja," jelasnya.



Pertemuan Trump dan Kim Jong Un sedianya digelar 12 Juni mendatang di Singapura. Namun Trump menganggap pertemuan tersebut tidak perlu lagi.


Simak juga video "Trump Batalkan Pertemuan Bersejarahnya dengan Kim Jong-un" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



"Tolong biarkan surat ini berfungsi untuk mewakili bahwa pertemuan tingkat tinggi di Singapura, demi kebaikan kedua belah pihak, tetapi merugikan dunia, tidak akan terjadi," tulis Trump dalam sebuah surat.

Surat yang ditulis Trump diunggah di akun Twitter resminya, Kamis (24/5), sekitar pukul 22.00 WIB. Surat itu berkop Gedung Putih alias 'The White House', dibuat di Washington, tertanggal hari ini, 24 Mei 2018.

Presiden Kores Selatan Moon Jae-in menyesalkan hal tersebut dan merasa sangat bingung.

"Saya sangat bingung dan sangat disesalkan bahwa pertemuan Korea Utara-AS tidak akan diadakan pada 12 Juni padahal dijadwalkan akan diadakan," kata Moon disampaikan dalam sebuah pertemuan di Gedung Biru, seperti dikutip dari Reuters yang melansir Yonhap News Agency, Kamis (24/5).



Saksikan juga video "Nasib PertemuanTrump dan Kim Jong-un Sepenuhnya di Tangan AS" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]


(rna/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed