DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 23:04 WIB

Ini Isi Surat Trump Soal Pembatalan Pertemuan dengan Jong Un

Danu Damarjati - detikNews
Ini Isi Surat Trump Soal Pembatalan Pertemuan dengan Jong Un Presiden AS Donald Trump (Reuters)
Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan rencana pertemuan dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Berikut isi lengkap surat Trump terkait pembatalan itu.

Surat itu diunggah di akun Twitter resmi Donald Trump, Kamis (24/5/2018), sekitar pukul 22.00 WIB. Surat itu berkop Gedung Putih alias 'The White House', dibuat di Washington, tertanggal hari ini, 24 Mei 2018.



Berikut adalah bunyi terjemahan surat tersebut:

Yang Terhormat,
Kim Jong Un
Kepala Negara Republik Rakyat Demokratik Korea,
di Pyongyang

Kepada Bapak Kepala Negara

Kami sangat mengapresiasi waktu, kesabaran, dan usaha Anda dengan menghormati negosiasi kita dan diskusi yang digelar dalam pertemuan yang telah lama direncanakan oleh kedua belah pihak. Sedianya, pertemuan dijadwalkan akan digelar di Singapura pada 12 Juni nanti. Kami telah diberitahu bahwa pertemuan itu diminta oleh Korea Utara, namun bagi kami itu sangat tidak relevan.

Saya sangat mengharapkan untuk berada di sana dengan Anda. Sayangnya, berdasarkan pada kemarahan yang amat sangat dan permusuhan terbuka yang terlihat lewat pernyataan terakhir Anda, saya merasa itu tidak pantas pada saat ini untuk mengadakan pertemuan itu.

Maka, izinkan saya lewat surat ini menyatakan bahwa pertemuan di Singapura tak akan dilaksanakan, demi kebaikan kedua belah pihak tanpa merugikan dunia. Anda berbicara tentang kemampuan nuklir Anda, namun punya kami sangat besar dan berkekuatan dahsyat dan saya berdoa kepada Tuhan mereka tak akan pernah menggunakannya.

Saya merasa dialog yang indah dibangun antara saya dan Anda, dan terutama dialog adalah cara yang utama. Suatu hari nanti, saya sangat berharap bisa bertemu dengan Anda. Namun sementara waktu, saya berterima kasih atas pelepasan sandera yang saat ini sudah bersama keluarga mereka. Itu adalah gestur yang sangat indah dan sangat saya apresiasi.

Apabila Anda berubah pikiran soal pertemuan penting itu, silakan tak perlu ragu untuk menelepon saya atau menulis surat. Dunia, dan Korea Utara khususnya, telah kehilangan peluang besar untuk mewujudkan perdamaian, kesejahteraan, dan kejayaan. Peluang yang terlewatkan ini merupakan momen yang sungguh menyedihkan dalam sejarah.

Hormat kami,
Donald Trump
Presiden Amerika Serikat


Ini Isi Surat Trump Soal Pembatalan Pertemuan dengan Jong UnFoto: Surat Donald Trump untuk Kim Jong Un (Twitter Donald Trump)




Simak juga video "Trump Batalkan Pertemuan Bersejarahnya dengan Kim Jong-un" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed