DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 06:30 WIB

China ke AS: Sekarang Saatnya Jika Ingin Berdamai dengan Korut

Andhika Prasetia - detikNews
China ke AS: Sekarang Saatnya Jika Ingin Berdamai dengan Korut Pertemuan bilateral China dengan AS di Washington DC (Foto: REUTERS/Yuri Gripas)
Washington DC - China mendorong Amerika Serikat untuk segera melakukan pertemuan bilateral dengan Korea Utara. Menurut China, sekarang adalah waktu yang tepat bagi kedua negara untuk berdamai.

"Saya memberi tahu AS rekan kami, bahwa jika Anda ingin menyelesaikan masalah, sekaranglah saatnya. Jika Anda menginginkan kedamaian, sekaranglah saatnya. Jika Anda ingin membuat sejarah, sekaranglah waktunya," ujar Penasihat Negara China Wang Yi dalam jumpa pers dengan Menlu AS Mike Tompo seperti dilansir Reuters, Kamis (24/5/2018).


Seperti diketahui, AS dijadwalkan akan bertemu Korut tanggal 12 Juni 2018 di Singapura. Namun pertemuan itu bisa saja batal.

Dalam sebuah jumpa pers, Presiden AS Donald Trump disinggung soal rencana pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Trump akan memutuskan rencana tersebut pekan depan.

"Apa pun itu, kita akan tahu minggu depan," ujar Trump.

Rencana pertemuan Trump dengan Jong-Un cukup menyita perhatian. Namun pemerintah Korut juga sempat mengancam membatalkan pertemuan ini jika AS secara sepihak mengharuskan Korut menghentikan program senjata nuklir mereka.

"Di Singapura, kita lihat saja. Itu bisa saja terjadi," kata Trump.




Intip video lengkapnya disini:



(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed