DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 15:43 WIB

Najib Keluhkan Cokelat yang Dimakan Polisi, Begini Reaksi Warga

Novi Christiastuti - detikNews
Najib Keluhkan Cokelat yang Dimakan Polisi, Begini Reaksi Warga Najib Razak (REUTERS/Lai Seng Sin)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kuala Lumpur - Warga Malaysia ramai mendukung kampanye di media sosial untuk memberikan cokelat kepada para polisi. Kampanye ini menjadi langkah menyindir mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak yang mengeluhkan sikap polisi mengambil cokelat di kulkasnya saat menggeledah rumahnya, pekan lalu.

Najib yang memimpin Malaysia selama 10 tahun terakhir, lengser setelah kalah secara mengejutkan dari koalisi gabungan Mahathir Mohamad dan Anwar Ibrahim dalam pemilu 9 Mei lalu. Usai lengser, Najib menjadi fokus penyelidikan dugaan menyelewengkan uang wajib pajak Malaysia yang mencapai jutaan dolar Amerika, khususnya melalui perusahaan investasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Secara konsisten, Najib menyangkal adanya pelanggaran hukum oleh dirinya. Saat rumahnya digeledah polisi terkait penyelidikan 1MDB pekan lalu, Najib melontarkan satu keluhan melalui pengacaranya.


Seperti dilansir Reuters, Rabu (23/5/2018), Najib mengeluhkan para polisi yang melakukan penggeledahan untuk mencari bukti dugaan korupsi telah mengambil makanan dan cokelat dari dalam kulkas di rumah Najib. Keluhan Najib itu memicu kemarahan publik via online.

Lalu muncullah kampanye bernama #chocs4cops yang menyerukan warga Malaysia memberi cokelat secara gratis kepada setiap personel kepolisian di dekat tempat tinggal masing-masing. Adalah seorang pengacara Malaysia bernama Siti Kasim yang mencetuskan kampanye itu via Facebook.

"Ketika itu (keluhan Najib) muncul, saya sungguh merasa kuat soal itu," sebut Siti.


Dia meminta warga Malaysia memberikan cokelat gratis kepada polisi dan di setiap kantor polisi pada Sabtu (26/5) mendatang. Seruan Siti ini menuai ribuan komentar dan janji untuk ikut berpartisipasi.

"Insting saya adalah, 'sungguh kejam', Anda tahu? Anda ingin mengeluh soal seseorang memakan cokelat Anda? Maksud saya, sungguh konyol," ujar Siti. "Bagi saya, itu sungguh hal sangat bodoh untuk dikeluhkan," imbuhnya.

Penggeledahan di kediaman pribadi dan sejumlah properti terkait Najib berujung penyitaan lebih dari 300 tas mewah bermerek, puluhan jam tangan mewah, perhiasan dan sejumlah besar uang tunai berbagai mata uang. Hal ini tentu memicu kemarahan publik.

"Tuan Najib, Anda mempersoalkan ketika polisi memakan cokelat-cokelat dari kulkas Anda, tapi bagaimana dengan Anda yang memakan semua uang kami," komentar salah satu warga Malaysia bernama Sherman Pravin via Twitter.


Keluhan Najib ini pertama kali diungkapkan oleh pengacaranya, Harpal Singh Grewal. Kepada wartawan, Harpal mengaku tidak tahu jenis cokelat apa yang dikeluhkan Najib. "Cokelat-cokelat itu penting untuk klien saya, yang meminta saya memasukkan hal itu ke dalam pernyataan ini," ucapnya saat itu.

Menanggapi keluhan ini, Direktur Departemen Penyelidikan Kejahatan Komersial Kepolisian Malaysia, Amar Singh, berjanji akan mengambil 'tindakan tegas ... jika tuduhan itu terbukti benar'.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Najib Razak Ditangkap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed