Tersenyum, Najib Tiba di Komisi Antikorupsi Untuk Ditanyai

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 22 Mei 2018 09:30 WIB
Najib Razak saat akan ditanyai Komisi Antikorupsi Malaysia (REUTERS/Lai Seng Sin)
Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) pada Selasa (22/5) pagi. Najib akan dimintai keterangan oleh MACC terkait aliran dana unit perusahaan 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Seperti dilansir media Malaysia, The Star dan Reuters, Selasa (22/5/2018), Najib tiba di kantor MACC yang ada di Kuala Lumpur sekitar pukul 09.45 waktu setempat. Didampingi sejumlah pengawal, Najib bergerak perlahan menembus kerumunan jurnalis yang menunggunya.

Reuters melaporkan, Najib terlihat relaks dan sesekali tersenyum saat memasuki gedung MACC.


Pemanggilan Najib oleh MACC ini terkait penyelidikan terhadap SRC International Sdn Bhd, yang merupakan bekas anak perusahaan 1MDB yang dilanda skandal mega korupsi. SRC dibentuk pemerintahan Najib tahun 2011 untuk mengejar investasi-investasi internasional dalam sektor sumber daya energi. SRC merupakan unit perusahaan 1MDB sebelum akhirnya dipindah ke bawah Kementerian Keuangan Malaysia tahun 2012.

Keterangan salah satu anggota panel yang mengkaji ulang dokumen skandal korupsi 1MDB, Lim Chee Wee, kepada Reuters menyebut bahwa MACC telah mendapatkan bukti yang menunjukkan Najib menerima aliran dana yang diselewengkan dari 1MDB.

Bukti yang didapat pada akhir tahun 2015 itu, menunjukkan aliran dana sebesar US$ 10,6 juta atau setara 42 juta ringgit (Rp 146 miliar) dari SRC International ditransfer ke sebuah rekening milik Najib. Bukti itu telah disodorkan ke Jaksa Agung era pemerintahan Najib, namun diabaikan.


Najib telah berulang kali membantah dirinya melakukan pelanggaran hukum terkait skandal 1MDB yang mencuat tahun 2015, termasuk dugaan aliran dana dari SRC International. Namun dia mengganti Jaksa Agung Malaysia saat itu dan beberapa pejabat MACC agar penyelidikan 1MDB dihentikan di tengah jalan.

Setelah Najib lengser dan Mahathir Mohamad menjabat PM Malaysia yang baru, MACC kembali membuka penyelidikan skandal 1MDB. Salah satu yang diselidiki adalah dugaan aliran dana dari SRC International kepada Najib.

Tidak diketahui berapa lama Najib akan dimintai keterangan dalam pemanggilan terbaru ini. Namun dalam penyelidikan sebelumnya, hal semacam ini bisa berlangsung lebih dari 10 jam. Ketua MACC yang baru, Mohd Shukri Abdull menuturkan kepada wartawan bahwa pihaknya akan memberikan 'penjelasan khusus' pada Selasa (22/5) ini.


Tonton juga video saat Polisi Geledah Rumah Najib Razak (nvc/ita)