Malaysia Bentuk Satgas Untuk Selidiki Skandal Mega Korupsi 1MDB

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 21 Mei 2018 16:48 WIB
polisi Malaysia menyita rumah dan apartemen-apartemen terkait Najib Razak (Foto: Reuters)
Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia mengumumkan pembentukan satuan tugas (satgas) khusus yang akan menyelidiki dugaan perbuatan kriminal individu-individu yang terlibat dalam pengelolaan badan investasi negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Satgas tersebut akan terdiri dari badan antikorupsi, kepolisian dan bank sentral. Satgas khusus ini akan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menyita aset-aset yang diperoleh dengan menggunakan dana yang diduga diselewengkan dari 1MDB.



"Satuan tugas ini juga akan bertanggung jawab untuk mengupayakan kerja sama berbagai badan penegak hukum di Amerika Serikat, Swiss, Singapura, Kanada dan negara-negara terkait lainnya," demikian pernyataan kantor Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (21/5/2018).

Badan 1MDB didirikan oleh mantan PM Najib Razak pada tahun 2009.



Di depan para pendukungnya di wilayah konstituennya, Pekan, Najib membantah terlibat skandal mega korupsi 1MDB.

"Saya tidak mencuri dari rakyat," ujarnya. "Ada banyak tuduhan yang dibuat ... saya menjadi target karena saya tadinya perdana menteri dan presiden partai," kata Najib kepada para pendukungnya pada Minggu (20/5).

Najib telah dikenai pencekalan sehingga dia tak bisa meninggalkan Malaysia, seiring pemerintahan baru di bawah PM Mahathir Mohamad mulai menyelidiki tuduhan bahwa Najib terlibat dalam korupsi miliaran dolar AS dari badan investasi negara 1MDB. Pekan lalu, kepolisian telah menyita uang tunai, perhiasan dan barang-barang mewah lainnya di rumah Najib dan properti lainnya.



Malaysia geber pemeriksaan Najib Rajak? Ada apa dengan beliau? Tonton video selengkapnya di 20Detik:

(ita/ita)